Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal di Grammy, Kritikus Musik Sebut BTS Berhasil Catat Sejarah Baru Kpop

Kompas.com - 15/03/2021, 14:59 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Boyband Korea Selatan, BTS harus menunggu kesempatan lain untuk bisa membawa pulang piala Grammy setelah kegagalan mereka di Grammy Awards ke 63 .

Dinominasikan untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance dengan lagu hit mereka "Dynamite", BTS harus mengalah tahun ini pada Lady Gaga dan Ariana Grande "Rain on Me".

BTS tidak hanya menjadi artis Kpop pertama yang dinominasikan untuk Grammy, tapi juga menjadi artis Asia pertama yang masuk kategori Best Pop Duo/Group Performance yang sudah ada sejak tahun 2012.

Baca juga: Pesan Cinta BTS untuk ARMY Setelah Gagal di Grammy Awards 2021

"Kesempatan (menang) tidak rendah, dengan 'Dynamite' bertengger lama di peringkat atas chart musik, bahkan merangkak naik belakanganini," kata Jung Min Jae, kritikus musik pop.

"Tapi nominasi lain kuat," imbuhnya.

Namun, fakta BTS bisa masuk nominasi bisa dilihat sebagai langkah besar untuk Grammy, yang terkenal konservatif terhadap lagu-lagu dari genre baru, yang berasal dari artis non-Barat, dan yang dinyanyikan dalam bahasa selain bahasa Inggris.

Baca juga: BTS Borong Piala di Kids Choice Awards 2021, Sebut Kemenangan Berkat ARMY

"Kita tidak dapat menyangkal bahwa nominasi itu sendiri memiliki makna yang sangat besar. Bukan hanya artis Kpop, seperti BTS, tapi bukan hal umum boyband atau girlgrup dinominasikan atau memenangkan penghargaan di Grammy," jelas Jung.

Walaupun, Backstreet Boys, boy band legendaris Amerika Serikat telah dinominasikan delapan kali sejak debut mereka pada tahun 1993 tetapi belum pernah menang sekalipun.

Jonas Brothers juga gagal meraih kemenangan meskipun dua nominasi sejak band ini dibentuk pada tahun 2005.

Profesor studi budaya Lee Gyu Tag dari Universitas George Mason Korea mengekspresikan kekecewaan pada hasil Grammy tahun ini.

Baca juga: Reaksi BTS Setelah Gagal Bawa Pulang Grammy Awards 2021 dan Reaksi ARMY

"Nominasi debut Grammy mereka sendiri sudah terlambat, karena seharusnya sudah datang satu atau dua tahun yang lalu. Nominasi yang terlambat telah membuktikan betapa tertutupnya Recording Academy," ujar Gyu Tag.

"Tapi saya tidak ragu mereka akan memiliki kesempatan lain di masa depan, mungkin di empat kategori besar. Bagaimanapun, ini adalah pertama kalinya mereka dinominasikan," imbuh Gyu Tag.

BTS pernah mempersembahkan penghargaan album R&B terbaik di edisi ke 61 tahun 2019, kemudian tampil di acara tahunan tahun lalu.

Baca juga: Serba-serbi Grammy Awards 1959-2021

Akhirnya, tahun 2021 ketujuh musisi tersebut mengambil bagian sebagai nominasi dan pengisi acara Grammy Awards ke 63.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com