Suga BTS Ultah ke-28, ARMY Indonesia Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Ambon

Kompas.com - 09/03/2021, 18:50 WIB
Suga menjadi bintang tamu bersama grupnya, BTS, di program Today Show di Rockefeller Plaza, New York City, pada Jumat (21/2/2020).   Dia Dipasupil/Getty Images/AFPSuga menjadi bintang tamu bersama grupnya, BTS, di program Today Show di Rockefeller Plaza, New York City, pada Jumat (21/2/2020).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Fans grup BTS di Indonesia turut merayakan ulang tahun ke-28 Suga (Min Yoongi) yang jatuh pada Selasa (9/3/2021).

Cara unik dipakai akun fanbase di Twitter, @forhacin yakni dengan proyek bawah laut.

Salah satunya adalah transplantasi terumbu karang di dasar laut Desa Morella, Ambon, Maluku. Proyek ini hasil kerja sama dengan komunitas Karang Nusantara.

Baca juga: BTS Tampil di Grammy Awards 2021 dan Dinobatkan Billboard sebagai Artis Pop Terbaik 2020

Sebagai permulaan, ada 100 terumbu karang yang ditransplantasikan dan ke depan akan di tambah lagi jumlahnya.

Pengelola akun @forhacin, Asa Bellia Audida, menjelaskan ia berharap proyek ini bisa menginspirasi orang lain untuk peduli pada alam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fan project transplantasi terumbu karang di Ambon, Maluku dari fanbase @forhacin untuk merayakan ulang tahun ke-28 Suga BTS.Twitter @forhacin Fan project transplantasi terumbu karang di Ambon, Maluku dari fanbase @forhacin untuk merayakan ulang tahun ke-28 Suga BTS.
Menurut Asa yang juga merupakan seorang penulis cerita, dulu sudah pernah ada tentang alam dengan menanam 8.000 pohon dan dampaknya membuat ARMY ikut menanam pohon.

"Maka dari itu kami ingin berpindah ke proyek bawah laut untuk menumbuhkan kesadaran bahwa ekosistem laut juga butuh perhatian," jelas Asa Bellia Audida saat dihubungi Kompas.com melalui direct message (DM) Twitter, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Billboard Nobatkan BTS sebagai Bintang Pop Terbaik 2020

Setelah diletakkan di dasar laut, terumbu karang tersebut akan dipantau pertumbuhannya selama beberapa waktu mendatang.

Proyek ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 30 juta menurut Asa. Dana yang dipakai juga berasal dari kantong pribadinya.

Spanduk bertuliskan "Happy Birthday Min Yoongi" juga tak lupa dibentangkan di bawah laut Pantai Morella dan Lubang Buaya.

Baca juga: Nick Jonas Anggap BTS Punya Kebebasan yang Langka


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X