Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arzeti Bilbina Bicara Kesetaraan Perempuan dari Segi Budaya dan Politik

Kompas.com - 09/03/2021, 17:33 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Arzeti Bilbina berbicara tentang peran perempuan di Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap 8 Maret.

Arzeti yang merupakan Ketua Panitia Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP-RI) mengatakan, sejak dulu perempuan sudah berjuang untuk mendapat kesetaraan haknya.

Baca juga: Arzeti Bilbina Minta Kemenkes Penuhi Hak Kesehatan Pasien Covid-19

"Kita diingatkan bagaimana sejarah perempuan mendapatkan kesetaraan haknya baik dari segi budaya maupun politik," kata Arzeti Bilbina dalam keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).

Dalam pameran foto bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen, Jalan Harapan Bangsa" di Kompleks Parlemen, Arzeti mengajak seluruh undangan untuk mengingat bagaimana perjuangan perempuan dalam berbagai isu.

Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda, Arzeti Bilbina Ajak Pemuda Bangkit dan Patuhi Protokol Kesehatan

Isu tersebut mulai dari memperjuangkan pengupahan yang layak, partisipasi dalam pemilihan umum hingga menjadi pejabat publik.

"Dari kerja keras para perempuan itulah, maka kaum perempuan saat ini dapat memperoleh hak-haknya tersebut," ujar anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB.

Ia juga mengingatkan peran penting perempuan di dalam parlemen yang semakin aktif dan partisipatif.

Baca juga: Arzeti Bilbina Ajarkan Anak Tarian Tradisional Sejak Dini

Terbukti untuk jabatan Anggota DPR Periode 2019-2024 kali ini total anggota dewan yang perempuan mencapai 118 orang, juga untuk pertama kalinya Ketua DPR RI dijabat oleh perempuan.

"Saya ucapkan Selamat Hari Perempuan untuk Perempuan Indonesia di mana pun berada. Semangat terus menggapai cita-cita dan menjadi perempuan penting untuk kemajuan bangsa," ucap Arzeti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com