Kompas.com - 08/03/2021, 22:51 WIB
Terdakwa Zul Zivilia atas dugaan kasus kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba saat ditemui di Pengadilan Jakarta Utara, Senin (9/12/2019). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISITerdakwa Zul Zivilia atas dugaan kasus kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba saat ditemui di Pengadilan Jakarta Utara, Senin (9/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Retno Paradinah menyebut bahwa anak-anaknya sering menanyakan sosok ayahnya, Zul Zivilia.

Mengingat, Zul Zivilia sudah dua tahun berada di dalam penjara atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Retno hanya bisa menyebut kepada anak-anaknya bahwa Zul sedang bersekolah.

Baca juga: Istri Zul Zivilia Ungkap Pertanyaan Anak yang Membuatnya Sedih

“Masih di sekolah, iya di pesantren. Kalau sekali-kali video call, anak-anak bilang 'itu lagi di sekolah', gitu,” kata Retno dihubungi wartawan, Minggu (7/3/2021).

“Ada juga yang anak saya sudah ngerti, maksudnya bapaknya ditahan, tapi tetap bilangnya pesantren gitu. Soalnya anak saya kan sudah ada yang pintar baca ya, jadi ya gitu (sudah tahu), buka hp, kadang iseng-iseng, eh ketemu berita tentang bapaknya,” tambah Retno.

Melihat anak-anaknya yang kerap menanyakan keberadaan Zul, Retno juga mengungkap hal yang paling membuatnya merasa sedih.

Baca juga: Zul Zivilia Dipenjara 18 Tahun, Bagaimana Nasib Ekonomi Keluarganya?

“Terus kalau anak-anak lihat anak tetangga jalan sama Bapaknya, pada nanya, ‘kapan jalan-jalan lagi sama Bapak?’” ucap Retno.

“Apalagi yang paling gede kan dia suka nanya 'papa sudah mau pulang, sudah pulang?' itu kan sedih banget,” tambah Retno.

Diberitakan sebelumnya, Zul Zivilia divonis 18 tahun penjara atas kasus narkoba serta didenda Rp 1 Milyar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Adapun Zul ditangkap di apartemen Gading River View di kawasan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Maret 2019 lalu.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X