Heboh Buku Diet Tya Ariestya, Yulia Baltschun: Kalau Bukan untuk Diikuti Publik Ngapain Di-print?

Kompas.com - 03/03/2021, 20:10 WIB
Yulia Baltschun Instagram @yuliabaltschunYulia Baltschun

JAKARTA, KOMPAS.com- Ramai dibahas tentang buku diet The Journey of Fit Tya Ariestya setelah sukses menurunkan berat badan hingga 25 kg di media sosial.

Terlebih setelah salah satu akun komunitas ahli gizi @gizipedia_id menyoroti beberapa isi dari buku Tya.

Influencer yang juga pegiat olahraga dan diploma Food Production, Yulia Baltschun akhirnya ikut berkomentar.

Yulia yang awalnya tak peduli dengan cara diet Tya, akhirnya ikut angkat bicara setelah banyak menerima pesan dan juga viral dibahas di media sosial.

Baca juga: Diet Ala Tya Ariestya Heboh di Media Sosial, Kenapa?

Jujur mengakui kalau dia belum membaca buku itu sepenuhnya dan hanya melihat lewat unggahan beberapa orang, serta thread di Twitter, ada beberapa poin dalam buku Tya yang membuat dia merasa gemas.

"Aku bukan haters yang ingin ngebenci orangnya, aku mah biasa-biasa aja sama mereka, cuma pas ngelihat isi konten bukunya yang ambigu dan membahayakan, jatuhnya membahayakan (karena dicetak dan dijual)," kata Yulia dalam Instagram-nya, dikutip Rabu (3/3/2021).

Terlebih di dalam buku itu, Tya sendiri yang menulis disclaimer kalau apa yang ada dalam buku itu dibuat khusus untuk Tya dan dalam pengawasan dokter.

Dari disclaimer itu saja menurut Yulia sudah aneh, karena sebuah buku yang dicetak dalam jumlah banyak seharusnya dibuat untuk bisa dicontoh banyak orang.

Baca juga: Tya Ariestya Turun 25 Kilogram, Motivasi Diet dan Kesehatan

Kecuali buku itu bersifat biografi, dimana seharusnya jika memang tujuannya buku biografi tidak dituliskan secara rinci jadwal menu harian, jumlah kalori.

"Ada ditulis kalau ini tuh sebenarnya khusus, specifically dibikin khusus untuk teteh Tya nya aja, jadi bukan untuk diikuti publik," kata Yulia.

"Kalau bukan untuk diikuti publik ngapain di print di buku, dijual, udah jelas-jelas bakal diikutin, itu enggak masuk akal," imbuhnya.

Kemudian dia juga mencontohkan tentang sayuran yang tidak dikonsumsi Tya selama diet, selain karena memang tidak suka sayuran, juga karena sayur bisa menghambat penurunan berat badan.

"Itu mah benar-benar berdasarkan keputusan pribadi, dibikin buku. Itu sebenarnya enggak bisa dijadikan buku. Karena kalau buku itu harus berlaku untuk semua orang," ujar Yulia.

"Ketika dari disclaimer-nya kamu udah enggak pede dan bilang 'ini tuh buku cuma buat aku lho guys, bukan buat kamu,' udah kelihatan insecurity, udah enggak yakin kalau buku ini generally bakalan aman enggak sama orang lain," sambungnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yulia Baltschun (@yuliabaltschun)


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X