Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2020, 12:51 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Produser teater Broadway Roger Berlind meninggal dunia di usia 90 tahun. Sepanjang berkarier di dunia teater dia telah melahirkan lebih dari 100 pertunjukan Broadway seperti The Book of MormonHello, Dolly!, dan Dear Evan Hensen.

Menurut New York Times, Berlind meninggal dunia pada 18 Desember di kediamannya, Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Berlind menapaki kariernya di dunia seni melalui jalur yang tidak biasa. Dia awalnya merintis sebagai pencipta lagu. Namun dia beralih di dunia bisnis dengan terjun ke Wall Street.

Setelah kehilangan istri dan tiga dari empat anaknya dalam kecelakaan pesawat di Bandara John F. Kennedy pada 1975, dia mendapatkan panggilan untuk memproduksi drama dan musikal Broadway.

Perjalanan Berlind membentang dari kegagalan asal seperti Rex (1976) dan The Merchant (1977) hingga kesukaan hit kontemporer Oklahoma! (2019), Mean Girls serta The Curious Incident of the Dog in the Night-Time.

Terbaru, dari 25 kemenangan Tony Award, Roger membawa pulang dua piala untuk musikal terbaik (Dear Evan Hansen) dan kebangkitan musik terbaik (Hello, Dolly!).

Penghargaan lainnya termasuk hit 1980-an Amadeus, Sophanggih LadyNineJerome Robbins Broadway, dan City of Angels.

Lewat akun Twitter-nya, veteran Broadway Betty Buckley mengenang Berlind sebagai pria yang baik dan produser yang sangat luar biasa.

Aktor David Aaron Damane mencatat bahwa Berlind memproduksi pertunjukan Broadway pertamanya adalah "The Life", sebuah musikal asli yang berlangsung dari April 1997 hingga Juni 1998.

"Selalu kata yang baik, selalu jabat tangan yang menegaskan, selalu cinta untuk pertunjukan kami dan teater secara umum. Terima kasih telah memberikan semuanya," tulis Damane dalam akun Twitter-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com