Produser Teater Roger Berlind Tutup Usia

Kompas.com - 26/12/2020, 12:51 WIB
Produser Roger Berlind menghadiri acara The Actors Fund of America Theres No Business Like Show Business Gala yang digelar The Actors Fund of America di Cipriani 42nd Street, New York City, pada23 Mei 2005. AFP/GETTY IMAGES/PAUL HAWTHORNEProduser Roger Berlind menghadiri acara The Actors Fund of America Theres No Business Like Show Business Gala yang digelar The Actors Fund of America di Cipriani 42nd Street, New York City, pada23 Mei 2005.

KOMPAS.com - Produser teater Broadway Roger Berlind meninggal dunia di usia 90 tahun. Sepanjang berkarier di dunia teater dia telah melahirkan lebih dari 100 pertunjukan Broadway seperti The Book of MormonHello, Dolly!, dan Dear Evan Hensen.

Menurut New York Times, Berlind meninggal dunia pada 18 Desember di kediamannya, Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Berlind menapaki kariernya di dunia seni melalui jalur yang tidak biasa. Dia awalnya merintis sebagai pencipta lagu. Namun dia beralih di dunia bisnis dengan terjun ke Wall Street.

Setelah kehilangan istri dan tiga dari empat anaknya dalam kecelakaan pesawat di Bandara John F. Kennedy pada 1975, dia mendapatkan panggilan untuk memproduksi drama dan musikal Broadway.

Perjalanan Berlind membentang dari kegagalan asal seperti Rex (1976) dan The Merchant (1977) hingga kesukaan hit kontemporer Oklahoma! (2019), Mean Girls serta The Curious Incident of the Dog in the Night-Time.

Terbaru, dari 25 kemenangan Tony Award, Roger membawa pulang dua piala untuk musikal terbaik (Dear Evan Hansen) dan kebangkitan musik terbaik (Hello, Dolly!).

Penghargaan lainnya termasuk hit 1980-an Amadeus, Sophanggih LadyNineJerome Robbins Broadway, dan City of Angels.

Lewat akun Twitter-nya, veteran Broadway Betty Buckley mengenang Berlind sebagai pria yang baik dan produser yang sangat luar biasa.

Aktor David Aaron Damane mencatat bahwa Berlind memproduksi pertunjukan Broadway pertamanya adalah "The Life", sebuah musikal asli yang berlangsung dari April 1997 hingga Juni 1998.

"Selalu kata yang baik, selalu jabat tangan yang menegaskan, selalu cinta untuk pertunjukan kami dan teater secara umum. Terima kasih telah memberikan semuanya," tulis Damane dalam akun Twitter-nya.


Sumber Variety
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X