Kompas.com - 26/12/2020, 12:18 WIB
TC Candler YouTube TC Candler TC Candler
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Akun Top Beauty World (TB World) menuai perdebatan netizen Indonesia usai mengumumkan daftar wanita tercantik di dunia tahun 2020.

Akun media sosialnya, seperti Twitter dan Instagram, tiba-tiba menghilangkan setelah menjelaskan proses pemilihan urutan pemenang daftar pesohor tercantik dan tertampan dunia baru-baru ini.

Baca juga: Akun Medsos TB World Mendadak Hilang hingga Pernah Diprotes TC Candler

Menelusuri lebih dalam, Kompas.com menemukan fakta bahwa TB World ternyata pernah diprotes oleh TC Candler.

Dalam unggahan TC Candler dua tahun lalu, mereka menyatakan bahwa TB World adalah akun palsu yang menjiplak konsep TC Candler sejak 2018 silam.

"Kami tidak mempermasalahkan keberadaan mereka. Namun, mereka mencuri logo, branding, foto dan konsep dari kamu. Mereka menipu penggemar untuk memercayai bahwa mereka ada kaitannya dengan kami," tulis TC Candler pada 7 Agustus 2018, dikutip Kompas.com dari akun Twitter resmi, Sabtu (26/12/2020).

Baca juga: Usai Nobatkan Lesti Kejora sebagai Wanita Tercantik Ke-5, Akun Medsos TB World Hilang

Pengamatan Kompas.com, konsep visual yang digunakan TB World sama persis dengan TC Candler.

Bedanya TC Candler menggunakan nama "100 Most Beautiful Faces" dan "100 Most Handsome Faces", sedangkan TB World memakai nama "100 Most Beautiful Women/Men".

Diketahui, TC Candler tahun ini telah mengumumkan nominasi untuk 100 wanita tercantik dan pria tertampan di dunia 2020.

 

Terdapat 12 artis Indonesia yang masuk dalam daftar, yakni Raisa, Citra Kirana, Maudy Ayunda, Cinta Laura, Chelsea Islan, Agnez Mo, Velove Vexia, Natasha Wilona dan Syifa Hadju.

Kemudian, untuk nominasi pria tertampan adalah Yoshi Sudarso, Peter Adrian Sudarso dan Richard Kyle.

Baca juga: Jungkook BTS Jadi Pria dengan Wajah Tertampan 2019 Versi TC Candler


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X