Kompas.com - 15/12/2020, 06:41 WIB
Penyanyi Judika saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020) dini hari. KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penyanyi Judika saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020) dini hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi juri di ajang Indonesian Idol Special Season, Judika setuju dengan pendapat juri tamu, Titi DJ.

Sebelumnya, Titi DJ menyinggung soal kurangnya jiwa kompetisi anak-anak zaman sekarang meski sedang ikut kompetisi.

Titi DJ juga menyebut generasi saat ini terlalu cepat puas dengan karakter suara yang dimiliki sehingga tak mau berusaha lebih.

"Dulu zamannya gue lomba itu bisa tiap hari bangun jam 04.00, lari pagi, air putih kita (taruh) di atas genteng supaya besok pagi ada embunnya, kita minum. Seserius itu untuk fokus ke vokal kita," kata Judika dalam babak showcase Senin (14/12/2020).

Baca juga: Titi DJ: Dulu Judika Enggak Seputih Ini dan Bau Matahari

Bahkan, Judika menyebut rutinitas itu tidak hanya dilakukan sekali dua kali, tetapi setiap hari.

"Latihan, olahraga, latihan nyanyi semua lagu-lagu yang berat, kita latih tiap hari," ujar Judika yang juga runner up Indonesian Idol musim kedua.

Kata Judika, karakter dari suara masing-masing belum cukup untuk bisa menjadi penyanyi andal.

"Nah yang mbak Titi DJ bilang tadi benar juga. Masukan buat anak-anak sekarang tuh jangan pikir apa yang mereka lakuin dengan cuma punya karakter itu sudah cukup karena nyanyi itu punya endurance," ujar Judika.

Pasalnya, menurut Judika, karakter suara mungkin masih terdengar jelas di lagu pertama. Akan tetapi, bisa hambar di lagu berikutnya, apalagi jika harus menyanyi 15 lagu berturut-turut.

"Enggak bisa begitu. Memang persiapan dan latihannya juga harus kuat," kata Judika.

Baca juga: Judika Kenang Duet bersama Melisha Sidabutar, Nyanyikan Lagu tentang Akhir Kehidupan


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X