Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat dalam Film Losmen Bu Broto, Mathias Muchus seperti Hidup Kembali

Kompas.com - 13/12/2020, 20:37 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Mathias Muchus mengungkapkan rasa bahagianya bisa terlibat dalam film Losmen Bu Broto yang diadaptasi dari serial legendaris Losmen yang tayang di TVRI pada 1980-an.

Bagaimana tidak? Muchus yang dulu berperan sebagai Tarjo di serial tersebut kini berkesempatan untuk memerankan Pak Broto.

"Jujur, saya seperti ke masa keluarga Losmen yang dahulu, kayak kembali ke-30 tahun yang lalu, tersentuh secara batin. Di era 2020 ini saya merasa kembali hidup," ungkap Muchus dalam jumpa pers virtual, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Maudy Koesnaedi dan Mathias Muchus Siap Beradu Akting dalam Film Losmen Bu Broto

Pria kelahiran Februari 1957 itu merasa beruntung meski sudah sekitar 30 tahun berlalu, kehangatan dan kehidupan Losmen dalam serial tersebut masih terasa dalam dirinya.

Sehingga Muchus bisa membangun karakter dengan mudah sekaligus menjadi teman diskusi Baskara Mahendra yang berperan sebagai Tarjo di film Losmen Bu Broto itu.

"Beruntungnya buat saya, kehidupan sekarang pada era itu masih di dalam saya, masih hangatlah. Sampai sekarang saya berhubungan dekat dengan personel Losmen dulu, kita seperti keluarga dulu," kata Muchus.

Baca juga: Pesan Mathias Muchus untuk Artis Muda, Harus Pikir Panjang demi Karier ke Depan

Muchus menceritakan ketika ia hendak mampir ke Pasar Beringharjo, Yogyakarta, mendapat sambutan hangat dari penggemar setia serial Losmen.

Muchus mengatakan, ia mendapatkan sambut hangat lantaran para penggemar setia mendengar serial Losmen bakal diadaptasi ke layar lebar.

"Ketika saya masuk Pasar Beringharjo, mbok-mbok atau nenek-nenek itu melihat saya seperti anaknya. Pulang dari sana dibekali batik, dua kantong batik itu dikasih," kata Muchus.

Baca juga: Cerita Mathias Muchus Ditodong Kelewang Saat Syuting Film

"Jadi saya bersyukur sekali, ketika film ini digagas kembali, ya saya seperti melangkah," ucap Muchus melanjutkan.

Meski usia Muchus selisih jauh dengan pemeran lainnya, ia memiliki cara tersendiri dalam membangun chemistry satu sama lain.

Pembangunan chemistry itu dilakukan Muchus secara tidak disadari oleh pemain lain agar terlihat natural karena film Losmen Bu Broto bertemakan keluarga.

"Saya melakukannya yang tidak disadari, ngobrol ngalor-ngidul itu, upaya kita bangun chemistry, makan bersama, panggil dengan nama peran, bercanda, di luar kamera begitu, agar bisa terjalin emosi," ucap Muchus.

Untuk diketahui, film Losmen Bu Broto diadaptasi dari serial legendaris Losmen yang tayang di TVRI pada 1980-an.

Walau begitu, film Losmen Bu Broto sedikit berbeda dengan serial Losmen karena menceritakan rentetan Bu Broto dalam membangun Losmen di daerah Yogyakarta.

Dalam serial tersebut, terdapat artis senior papan atas yang terlibat, ada Mieke Wijaya, Mang Udel, Sutopo HS, Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi, dan Dewi Yull.

Serial yang diciptakan oleh Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing itu sempat berjaya dengan 31 episode dan juga merupakan cikal bakal sinetron drama di Indonesia.

Selain Mathias Muchus dan Maudy Koesnaedi, film Losmen Bu Broto melibatkan Maudy Ayunda, Danilla Riyadi, Putri Marino, Baskara Mahendra, Erick Estrada, dan yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com