Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Sukses dengan Podcast, Deddy Corbuzier Coba Beragam Konten

Kompas.com - 01/12/2020, 17:25 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan Deddy Corbuzier dengan podcast-nya tidak terjadi secara instan.

Bercerita kepada Denny Cagur lewat YouTube Denny Cagur TV,  Deddy pernah juga membuat konten yang berupa rekaman dari penampilannya dulu di televisi.

Rekaman dalam format VHS yang direkam ayah dari Deddy Corbuzier itu menjadi awal unggahan Deddy di kanal YouTube-nya sekitar delapan tahun lalu.

Baca juga: Hampir Gagal Main Sulap, Denny Cagur Dapat Nasihat Deddy Corbuzier

Saat itu industri televisi belum bermain di YouTube, sehingga rekaman yang diunggah ke YouTube dengan niat Deddy menyimpannya ke format digital masih aman.

Namun ketika tiga atau empat tahun ke belakang TV mulai bergeser ke YouTube, video-video tersebut akhirnya dihapus dari oleh pihak televisi.

Kemudian Deddy sempat mencoba format vlog, seperti yang banyak dilakukan para selebritas. Setelah mencoba beberapa kali akhirnya Deddy memutuskan konten itu tidak cocok untuknya.

Baca juga: Deddy Corbuzier Ungkap Rahasia Tak Kehilangan Gelar Master di Bidang Sulap

Beberapa format konten sempat dicobanya setelah itu, hingga akhirnya dia mencoba podcast.

Ide itu awalnya muncul karena keterbatasan waktu berdialog jika membawakan acara televisi, padahal Deddy yang saat itu membawakan acara Hitam Putih merasa masih ada banyak hal yang bisa digali.

Kemudian Deddy melihat Raditya Dika dengan format podcast dengan headphone dan lainnya, yang membuat Deddy merasa konsep itu tepat untuk berdialog.

Baca juga: Deddy Corbuzier Berharap Kalina dan Vicky Prasetyo Segera Menikah, agar Tak Dikejar-kejar...

"Gue lihat Radit, Radit bikin podcast dengan headphone dan sebagainya, terus gue coba," kata Deddy dikutip Selasa (01/12/2020).

"Karena ketika lu di ruangan, dan pakai headphone, yang lain enggak kedengeran. Jadi feel-nya kayak kita berdua, lebih deep," sambungnya.

Deddy saat itu berpikir untuk hanya fokus pada podcast-nya, dengan risiko antara sukses atau justru tidak berhasil, tetapi Deddy mengambil risiko fokus di podcast saja tanpa membuat konten lain.

Baca juga: Deddy Corbuzier Tak Mau Campuri Hubungan Pribadi Azka dan Kalina Ocktaranny

Sampai suatu ketika podcast-nya berhasil membuat gebrakan, jumlah penontonnya lebih dari satu juta, dari yang biasanya hanya 50.000 penonton.

Podcast tersebut adalah ketika Deddy mengundang Livi Zheng, yang sempat menjadi sorotan di dunia perfilman tahun 2019 silam.

"Itu dang, orang-orang nonton, pokoknya dari yang nonton cuma 50.000, itu pertama kali jeder sejuta lebih, setelah itu terus kan jadi akhirnya gue tayang lima kali seminggu," ujar Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com