Joanna Alexandra: Menikah Itu Bukan Tunggu Siap Materi, tetapi Siap Hati

Kompas.com - 15/06/2020, 18:39 WIB
Artis peran Joanna Alexandra saat ditemui di Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019). KOMPAS.COM/Dian Reinis KumampungArtis peran Joanna Alexandra saat ditemui di Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Joanna Alexandra berbicara panjang tentang pernikahan dalam live Instagram bersama aktris Shandy Aulia.

Joanna menceritakan pengalamannya menjalani rumah tangga dengan Raditya Oloan saat mereka berusia muda.

Baca juga: Anak Divonis Idap Penyakit Genetik Langka, Joanna Alexandra: Ini Berkat Tuhan

Berdasarkan pengalamannya itu, menurut Joanna, pernikahan tidak hanya tentang mempersiapkan materi saja, tetapi juga kesiapan hati untuk terus setia kepada pasangan.

"Menikah itu bukan menunggu siap materi  tapi siap hati. Karena apa yang kita ucapin di janji nikah itu akan terjadi semua, pas menyebalkan tetap memutuskan aku akan tetap di samping pasangan," kata Joanna kepada Shandy.

Senada dengan Joanna, Radit juga menilai bahwa tidak ada yang siapa pun yang siap menikah sampai ia benar-benar berada dalam sebuah pernikahan.

Baca juga: Joanna Alexandra Pilih Selesaikan Masalah dengan Suami di Kamar dan Restoran

Radit bahkan menangis ketika mengucapkan janji setianya kepada Joanna saat itu.

"Kita baru tahu kehidupan pernikahan setelah menikah. Gue waktu ucapin janji nikah, gue enggak bisa tahan tangis, gue ngerasa gue enggak mampu ngelakuin janji gue itu," tutur Radit.

Hingga akhirnya Radit mulai belajar untuk tidak lagi mengedepankan egonya dan mulai peduli dengan keinginan sang istri.

Baca juga: Sebut Tak Mudah, Joanna Alexandra Cerita Pengalamannya Nikah Muda

"Tetapi bersyukur gue belajar untuk mematikan ego gue, mulai memperhatikan apa yang dia butuhkan," ujarnya.

"Contohnya dia suka nonton drama, 'waduh gua mah maunya action', tapi karena dia butuh itu ya sudah gue lakuin," lanju Radit.

Radit dan Joanna menikah pada 2007 lalu.

Kini, mereka telah dikaruniai empat anak.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X