KPI Tegur Sinetron Anak Langit, Kena Sanksi Berkali-kali hingga Diberhentikan Sementara

Kompas.com - 18/05/2020, 09:53 WIB
Poster sinetron Anak Langit. IMDbPoster sinetron Anak Langit.

KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat lagi-lagi melayangkan surat teguran kepada sinetron Anak Langit yang ditayangkan di SCTV.

Ini bukan kali pertama sinetron tersebut mendapat teguran hingga berhenti tayang sementara karena melanggar aturan.

Baca juga: Profil Stefan William, Pemeran Hiro di Sinetron Anak Langit

Kompas.com merangkumnya sebagai berikut:

1. Ditegur karena adegan perkelahian

Progam Anak Langit disebut kembali melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tentang penggolongan usia penonton.

Teguran yang kesekian kali ini diberikan karena terdapat adegan perkelahian antara beberapa orang yang berisi aksi saling pukul dan tendang.

Adegan itu ditemukan pada tayangan “Anak Langit” tanggal 14 Maret 2020 pukul 20.04 WIB.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: KPI Beri Sanksi Sinetron Anak Langit karena Adegan Perkelahian

Selain itu, pada 15 April 2020 pukul 19.01 WIB tim pemantauan KPI mendapati adegan beberapa orang pria yang merusak rumah.

Adegan tersebut mengandung unsur kekerasan nonverbal dan tidak pantas ditampilkan dalam program acara dengan klasifikasi R atau remaja.

Mestinya, tayangan dengan klasifikasi R harus tunduk pada ketentuan penggolongan siaran berdasarkan usia dan tingkat kedewasan khalayak.

“Karena sinetron ini disiarkan pada waktu anak dan remaja banyak menyaksikan siaran televisi, kita tidak ingin adegan itu dianggap oleh mereka sebagai sesuatu hal yang lumrah," ujar Mulyo Hadi Purnomo selaku Wakil Ketua KPI Pusat dalam laman kpi.go.id seperti dikutip Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Sesama Pesinetron Anak Langit, Leon Dozan Syok Aulia Farhan Terjerat Narkoba

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X