Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Najwa Shihab Bicara tentang Menikah di Usia Muda, Catat Hal Ini

Kompas.com - 05/02/2020, 07:37 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Najwa Shihab telah menjadi salah satu sosok perempuan inspiratif masa kini, khususnya bagi generasi muda. 

Pemikirannya yang terbuka dan disampaikan dalam bahasa yang mudah dicerna, membuat Najwa dengan mudah merebut perhatian anak muda yang kini juga mulai melek dunia politik.

Demikian halnya ketika Najwa menceritakan keputusannya untuk menikah muda.

Meski menikah di usia cukup muda, 20 tahun, Najwa tak lantas mematok usia itu sebagai batas kewajaran seseorang untuk menikah.

Baca juga: Najwa Shihab: Lebih Berat Bangun Narasi 2 Tahun Dibanding 17 Tahun Jadi Jurnalis

Baginya pernikahan adalah soal kesiapan mental.

Apa kata Najwa Shihab tentang pernikahan di usia muda, dan bagaimana pemerintah mengatur tentang batasan usia menikah muda, berikut bahasannya.

Dilamar di usia 19 tahun kok yakin?

Najwa dilamar oleh kakak tingkat tempat dia menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Ibrahim Sjarief Assegaf. Saat itu usia Najwa masih 19 tahun.

Jika ditanya bagaimana seorang anak remaja belasan tahun bisa merasa yakin telah menemukan pria yang tepat, Najwa punya jawabannya.

"Cinta itu enggak bisa dicari pembenarannya di akal, pembenarannya lewat hati. Dan terkadang kita hanya tahu sih," kata Najwa.

Najwa juga beribadah umrah bersama kedua orangtuanya dan menjalani shalat istikharah di sana untuk memantapkan hati sebelum melangkahkan kaki ke jenjang yang lebih serius.

"Cuma merasa menemukan orang yang tepat saja dan waktu itu mikirnya, kalau bisa bahagia sekarang kenapa menunda kebahagiaan," ujar Najwa diselingi tawa.

Baca juga: Gen Arabnya Hanya 3,4 Persen, Najwa Shihab Kaget

Menikah muda tak lantas bebas dari tanggung jawab sekolah

Pendidikan penting bagi Najwa. Jadi meskipun saat menikah dia masih duduk di bangku kuliah semester 3, Najwa tetap berkomitmen menyelesaikan kuliahnya.

Terlebih orangtuanya juga memberikan izin untuk Najwa menikah dengan syarat dia menyelesaikan kuliah.

"Menikah enggak apa-apa, tapi make sure sekolahnya kelar," kata Najwa mengingat pesan orangtuanya saat dia meminta izin menikah saat itu.

Najwa bahkan menunda kehamilan untuk memastikan kuliahnya berjalan lancar, dan baru hamil ketika dia sedang menyelesaikan skripsi.

Baca juga: Viral Agnez Mo Bicara Darah Indonesia, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com