Viral Agnez Mo Bicara Darah Indonesia, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang

Kompas.com - 27/11/2019, 16:34 WIB
Presenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPresenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski penyanyi Agnez Mo telah menjelaskan maksud pernyataannya soal "tak berdarah Indonesia" saat wawancara dengan BUILD Series di New York, AS, rupanya hal tersebut masih jadi perbincangan.

Agnez sendiri mengatakan, omongannya tentang darah Indonesia itu dimaksudkan untuk menunjukan betapa beragamnya suku bangsa yang ada di Indonesia.

Agnez juga ingin memberitahu kepada dunia bahwa ia bisa diterima dengan baik walaupun termasuk minoritas di Indonesia.

Ya, menurut studi, Indonesia memang merupakan bangsa kosmopolitan, negara yang orang-orangnya berasal dari perlbagai belahan dunia.

Baca juga: Agnez Mo: Memalukan, Telah Memelintir Ucapan Saya

Salah satunya contohnya adalah jurnalis dan presenter Najwa Shihab.

Najwa merasa kaget dengan hasil tes DNA terhadap dirinya karena selama ini ia merupakan orang Indonesia keturunan Arab.

Namun, gen Arab yang dimiliki Najwa ternyata hanya sebesar 3,4 persen.

Putri cendekiawan muslim Quraish Shihab ini justru punya 10 fragmen DNA dari 10 leluhur yang berbeda.

Baca juga: Agnez Mo Maafkan Pemotong Video Wawancaranya soal Darah Indonesia

Hal itu terungkap dari hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya tiga persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," ucap Najwa Shihab kepada Kompas.com via telepon, Kamis (17/10/2019).

"Tapi sekarang keturunan apa ya, haduh banyak, keturunannya ada 10," tambah perempuan kelahiran Makassar 16 September 1977 itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X