Gen Arabnya Hanya 3,4 Persen, Najwa Shihab Kaget

Kompas.com - 18/10/2019, 18:16 WIB
Quraish Shihab dan Najwa Shihab saat membahas KB. Najwa Shihab/YoutubeQuraish Shihab dan Najwa Shihab saat membahas KB.
|
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Pembawa acara Najwa Shihab merasa kaget melihat hasil tes DNA-nya yang menunjukkan bahwa gen Arab yang dimilikinya ternyata hanya 3,4 persen.

Jurnalis kelahiran Makassar, 16 September 1977, justru memiliki 10 fragmen DNA dari 10 leluhur berbeda. DNA-nya didominasi gen South Asian dengan jumlah 48,54 persen.

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya 3 persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," ucap Najwa Shihab kepada Kompas.com via telepon, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Najwa Shihab: Ketika Tahu Ada 10 Nenek Moyang Dalam Darah Saya Rasanya...

Namun Najwa tidak heran ketika mengetahui ia memiliki leluhur dari berbagai bangsa.

Najwa bergabung dalam penelitian ini setelah menyaksikan presentasi tujuan penelitian yang ditawari oleh teman-temannya di Historia yang dipimpin oleh sahabatnya, Bonnie Triyana.

Dia mengaku tidak membutuhkan waktu lama untuk menerima tawaran menjadi relawan dalam penelitian tersebut.

Menurut Najwa, perbedaan merupakan hal yang dapat menunjukkan bahwa Indonesia itu beragam.

Keberagaman itu dapat membuat Indonesia lebih kaya dan dapat bertoleransi kepada sesama dengan cara memahami perbedaan satu sama lain.

Berita selengkapnya terkait hasil tes DNA Najwa Shihab Najwa Shihab: Indonesia Bukan soal Keturunan dan Siapa Nenek Moyang Kita...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X