Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Arabnya Hanya 3,4 Persen, Najwa Shihab Kaget

Kompas.com - 18/10/2019, 18:16 WIB
Raisya Tamimi,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembawa acara Najwa Shihab merasa kaget melihat hasil tes DNA-nya yang menunjukkan bahwa gen Arab yang dimilikinya ternyata hanya 3,4 persen.

Jurnalis kelahiran Makassar, 16 September 1977, justru memiliki 10 fragmen DNA dari 10 leluhur berbeda. DNA-nya didominasi gen South Asian dengan jumlah 48,54 persen.

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya 3 persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," ucap Najwa Shihab kepada Kompas.com via telepon, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Najwa Shihab: Ketika Tahu Ada 10 Nenek Moyang Dalam Darah Saya Rasanya...

Namun Najwa tidak heran ketika mengetahui ia memiliki leluhur dari berbagai bangsa.

Najwa bergabung dalam penelitian ini setelah menyaksikan presentasi tujuan penelitian yang ditawari oleh teman-temannya di Historia yang dipimpin oleh sahabatnya, Bonnie Triyana.

Dia mengaku tidak membutuhkan waktu lama untuk menerima tawaran menjadi relawan dalam penelitian tersebut.

Menurut Najwa, perbedaan merupakan hal yang dapat menunjukkan bahwa Indonesia itu beragam.

Keberagaman itu dapat membuat Indonesia lebih kaya dan dapat bertoleransi kepada sesama dengan cara memahami perbedaan satu sama lain.

Berita selengkapnya terkait hasil tes DNA Najwa Shihab Najwa Shihab: Indonesia Bukan soal Keturunan dan Siapa Nenek Moyang Kita...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com