Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joaquin Phoenix Ditahan Polisi Usai Orasi di Aksi Protes Perubahan Iklim

Kompas.com - 13/01/2020, 10:45 WIB
Novianti Setuningsih

Penulis

Sumber NME

KOMPAS.com - Aktor Joaquin Phoenix dan Martin Sheen ditahan setelah datang dan berbicara di protes mengenai perubahan iklim yang digelar Jane Fonda di Washington DC, pada 10 Januari 2020.

Dalam orasinya, Phoenix mengatakan bahwa ia merubah pola makannya sebagai langkah nyata dalam mengatasi masalah perubahan iklim.

“Saya sangat bergumul dengan apa yang bisa saya lakukan (melawan perubahan iklim) saat ini. Tetapi, satu hal yang bisa saya lakukan adalah mengubah pola makan saya,” kata Joaquin Phoenix.

Baca juga: Jadi Aktor Terbaik, Joaquin Phoenix Angkat Isu Perubahan Iklim

Dilansir dari NME, Minggu (12/1/2020), bintang film Joker ini terlihat dikawal oleh polisi meninggalkan tangga Capitol bersama dengan Martin Sheen dan sejumlah pengunjuk rasa lainnya.

Selain Phoenix, sejumlah aktor pernah ditangkap ketika bergabung dengan aksi protes Jane Fonda. Di antaranya, Ted Danson dan Rosanna Arquette.

Diketahui, Fonda menggelar aksi protes bertajuk “Fire Drill Friday” setiap pekan sejak 11 Oktober 2019.

Dalam protesnya 10 Januari 2020 lalu, Fonda fokus pada bank-bank besar dan investor yang membiayai eksplorasi bahan bakar fosil.

Baca juga: Joker Sukses, Joaquin Phoenix Tak Mau Terlibat Sekuelnya?

Diketahui Phoenix memang salah satu aktor yang peduli pada perubahan iklim.

Dalam pidato kemenangan di Golden Globe 2020 lalu, Phoenix bahkan mengajak selebriti dunia yang hadir untuk mengubah kebiasaan hidup yang buruk demi mengatasi masalah perubahan iklim.

“Sangat baik apabila banyak orang mengirimkan doanya untuk Australia. Tetapi, kita harus berbuat lebih dari pada itu,” kata Phoenix.

Baca juga: Jadi Aktor Terbaik, Joaquin Phoenix Angkat Isu Perubahan Iklim

Menurut Phoenix kebiasaan buruk yang dilakukan manusia memiliki andil besar dalam perubahan iklim.

“Mudah-mudahan, kita bisa bersatu dan membuat perubahan. Sangat baik memilih tetapi kadang kita harus mengambil tanggung jawab itu dari diri kita sendiri, membuat perubahan, dan membuat pengorbanan dalam hidup,” ujarnya.

Salah satu perubahan yang kecil yang menurut Joaquin Phoenix bisa dimulai adalah dengan tidak menggunakan jet pribadi ke Palm Spings untuk menghadiri acara penganugerahan.

Baca juga: Joaquin Phoenix Bakal Kenakan Jas yang Sama Tiap Kali ke Acara Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com