Jadi Aktor Terbaik, Joaquin Phoenix Angkat Isu Perubahan Iklim

Kompas.com - 06/01/2020, 12:08 WIB
Joaquin Phoenix, aktor asal AS yang menjalani gaya hidup Vegan Tangkapan layar MenshealthJoaquin Phoenix, aktor asal AS yang menjalani gaya hidup Vegan

KOMPAS.com — Aktor Joaquin Phoenix menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik dalam kategori film drama pada pergelaran Golden Globe 2020.

Aktingnya sebagai Joker mampu mengalahkan Christian Bale (Ford v Ferrari), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Dalam pidato kemenangannya, aktor 45 tahun ini merasa terhormat bisa disandingkan dengan aktor berbakat lainnya.

Baca juga: Kerjasama Apik Elton John dan Bernie Taupin Diganjar Golden Globe 2020

Bahkan, Phoenix mengaku sempat merasa sedikit terintimidasi dengan Christian Bale yang dinilainya berakting dengan sangat baik dalam Ford v Ferrari.

Namun, Phoenix melanjutkan bahwa sesungguhnya tidak ada persaingan antar-aktor.

Kemudian, Phoenix berterima kasih kepada sutradara Todd Phillips yang memberi kesempatan dan membantunya bermain dalam film Joker.

Baca juga: Film Korea Parasite Jadi Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globe 2020

Menariknya, di atas panggung, Phoenix juga sempat membicarakan perihal isu perubahan iklim dengan menyebut kebakaran hutan yang terjadi di Australia.

“Sangat baik apabila banyak orang mengirimkan doanya untuk Australia. Tetapi, kita harus berbuat lebih daripada itu,” kata Phoenix sebagaimana dilansir dari Hollywood Reporter, Senin (6/1/2020).

Phoenix pun mengajak semua orang untuk mengubah kebiasaan buruk karena, menurut dia, manusia memiliki andil besar dalam perubahan iklim.

Baca juga: Joker Sukses, Joaquin Phoenix Tak Mau Terlibat Sekuelnya?

“Mudah-mudahan, kita bisa bersatu dan membuat perubahan. Sangat baik memilih, tetapi kadang kita harus mengambil tanggung jawab itu dari diri kita sendiri, membuat perubahan, dan membuat pengorbanan dalam hidup,” ujarnya.

Salah satu perubahan yang kecil, menurut Joaquin Phoenix, bisa dimulai adalah dengan tidak menggunakan jet pribadi ke Palm Spings untuk menghadiri acara penganugerahan.

Diketahui, Golden Globe Awards ke-77 dihelat di Hotel Beverly Hilton di Beverly Hills, Minggu (5/1/2020) malam waktu Amerika.

Baca juga: Kerja Sama Apik Elton John dan Bernie Taupin Diganjar Golden Globe 2020


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X