Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Korea Parasite Jadi Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globe 2020

Kompas.com - 06/01/2020, 09:40 WIB
Novianti Setuningsih

Penulis

KOMPAS.com - Kejutan banyak mengawali gelaran Golden Globe Awards ke-77 yang dihelat di hotel Beverly Hilton di Beverly Hills, Minggu (5/1/2020) malam waktu Amerika.

Salah satunya adalah dinobatkannya film Korea Selatan, Parasite sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Sebagaimana dilansir dari Variety, Senin (6/1/2020).

Film besutan sutradara Bong Joon Ho ini berhasil mengalahkan film Les Miserables (Perancis), The Farewell (Amerika), Pain and Glory (Spanyol), dan Potrait of a Lady on Fire (Perancis).

Baca juga: Film Korea Parasite Raih Penghargaan Tertinggi di Festival Film Cannes

Dilansir dari Hollywood Reporter, dalam pidatonya, Bong Joon Ho mengaku terhormat bisa masuk nominasi bersama dengan pembuat film hebat lainnya.

"Setelah kalian mengatasi masalah bahasa satu inci, maka kalian akan diperkenalkan dengan banyak yang lebih menakjubkan. Dinominasikan dengan sesama pembuat film internasional yang hebat adalah suatu kehormatan," kata Bong Joon Ho.

Kemudian, Bong Joon Ho juga menggaris bawahi perihal bahasa yang kerap menjadi kendala film menjadi dikenal atau disaksikan.

"Saya rasa, kami hanya menggunakan satu bahasa: bioskop," ujar Bong Joon Ho.

Kejutan juga diberikan oleh aktor Ramy Youssef yang dinobatkan menjadi aktor terbaik dalam serial komedi.

Ramy Youssef mendapat piala Oscar atas aktingnya dalam serial komedi berjudul Ramy yang mengisahkan kehidupan generasi pertama Amerika-Muslim di New Jersey.

Dipandu Ricky Gervais, Golden Globe 2020 masih berlangsung dari hotel Beverly Hilton, Amerika.

Baca juga: Film Korea Selatan Parasite Bakal Di-remake Hollywood?

Terkait Parasite, film ini juga telah meraih penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2019.

Film karya sutradara Bong Joon Ho itu menjadi film Korea Selatan pertama yang meraih penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes 2020.

Parasite sendiri adalah sebuah film komedi kelam. Film ini bercerita tentang keluarga miskin Ki Taek yang tinggal di sebuah ruang bawah tanah yang kumuh.

Kemudian, di Parasite diceritakan keluarga itu tertimpa serangkaian kemalangan setelah putra mereka bekerja sebagai guru les di sebuah keluarga kaya yang tinggal di rumah megah.

Baca juga: Sutradara Parasite Ingin Jodohkan Park Seo Joon dengan Putrinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com