Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rain Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Penipuan Jual Beli Rumah Rp 97 Miliar

Pengacara A dari Firma Hukum Seobuk telah membuat laporan resmi terhadap Rain ke Kantor Polisi Yongsan di Seoul.

Hal tersebut diungkap oleh YouTuber populer Goo Je Yeok dalam video YouTube-nya.

Saluran YouTube-nya terkenal karena melaporkan paparan individu yang kontroversial, meskipun hal tersebut tidak lepas dari kritik dan kontroversi. 

Menurut Goo Je Yeok, A adalah orang yang melaporkan Rain atas dugaan kasus penipuan real estate.

Rain menyatakan keinginannya untuk mengambil alih sebuah bangunan dan sebidang tanah milik A di Gyeonggi Hwaseong Namyang Newtown.

Untuk memfasilitasi transaksi ini, A menawarkan harga jual sebesar 25 miliar won atau Rp 286 miliar.

Setelah itu, Rain mengusulkan kepada A untuk membeli rumahnya di Itaewon, Seoul, untuk membantu menghasilkan dana yang diperlukan untuk kesepakatan ini. A menerima usulan ini tanpa masalah.

Namun, saat mengutarakan niatnya untuk mengunjungi rumah tersebut, Rain diduga tidak setuju dengan alasan kekhawatirannya terhadap privasi. 

Sebaliknya, Rain hanya menunjukkan foto-foto properti yang akan dijualnya tersebut.

Padahal A sudah membeli rumah Rain seharga 8,5 miliar won atau Rp 97 miliar.

Sementara, Rain, perwakilan dari perusahaan Mega Big Entertainment, membeli gedung A seharga 23,5 miliar won atau Rp 269 miliar di tahun yang sama, hanya dua bulan setelah menandatangani kontrak.

Saat semua sudah sepakat, ternyata bangunan asli yang dijual oleh Rain diduga tidak memiliki kolam renang luar ruangan seperti yang terlihat pada foto.

Bahkan tampilan keseluruhan bangunan tersebut juga sangat menyimpang dari yang sudah dikirimkan fotonya oleh Rain.

A menyatakan bahwa interiornya pun benar-benar berbeda. Kondisi di dalam rumah tampak rusak, dengan kertas dinding robek dan tanda-tanda di dinding bertebaran di mana-mana.

Ketika A mengangkat masalah ini kepada perusahaan real estate, mereka rupanya menanggapi dengan mengatakan bahwa foto-foto kondisi rumahnya itu telah dikirim oleh Rain, dan yang mereka lakukan hanyalah menunjukkannya kepada A.

Bantahan dari Rain

Sementara, perusahaan Rain telah membantah tuduhan tersebut.

Perusahaan Rain menyatakan bahwa artisnya telah menunjukkan properti tersebut kepada istri A sebanyak dua kali dan agen real estate dapat mendukung klaim tersebut.

"Rain menegaskan bahwa dia akan menunjukkan rumah itu dan bahkan menunjukkannya dua kali kepada istri Mr.A melalui ayahnya. Ada juga pesan dan rekaman yang dibagikan kepada karyawan perusahaan pialang real estate," ucap agensi dari Rain.

Untuk foto-foto yang menyesatkan, agensi Rain menyatakan tidak ada penipuan seperti itu yang terjadi.

Menurut agensi Rain, foto dengan kolam renang luar ruangan adalah foto profil Kakaotalk artisnya tersebut.

Sehingga baik catatan bangunan maupun gambar satelit online menunjukkan bahwa properti tersebut tidak pernah memiliki kolam renang.

"Rain tidak pernah mengirimkan foto apapun dengan kolam renang outdoor. Foto yang dimaksud adalah foto profil KakaoTalk Rain," ucap pihak agensi Rain.

"Siapa pun dapat memastikan bahwa tidak ada kolam renang hanya dengan melihat denah bangunan dan gambar jalanan. Dan siapa yang berbohong seperti ini sambil menjual gedung senilai 8,5 miliar won? Klaim Pak A sepenuhnya salah," tutur pihak Rain.

Namun, perwakilan hukum A segera membalas pembelaan Rain untuk membawa bukti melalui YouTuber Gu Je Yeok.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/09/27/153612966/rain-dilaporkan-ke-polisi-atas-dugaan-penipuan-jual-beli-rumah-rp-97-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke