Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nyinden di Paris, Anggun: Sebagai Wanita Jawa, Saya Terharu dan Bangga

Anggun terlihat memakai baju batik dan bernyanyi dengan iringan gamelan di tengah Jalan Rivoli.

"Sebagai wanita Jawa, saya terharu dan bangga diberi kepercayaan untuk menyinden dgn bahasa Jawa halus (Kromo Inggil) kemarin di Paris!," tulis Anggun dikutip Kompas.com dari Instagram @anggun_cipta, Jumat (10/6/2022).

Sebelumnya, saat membagikan video latihan nyinden, Anggun bercerita bahwa menyanyi dengan iringan gamelan adalah pengalaman pertamanya seumur hidup.

Kata Anggun, hal itu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi penampilan pertama kali seumur hidupnya itu digelar di Paris.

"Sebuah tantangan bagi saya yang tidak pernah sama sekali menyinden," tulis Anggun.

Penyanyi 48 tahun itu mengakui bahwa nyinden adalah hal yang sulit. Ia pun mengklaim penampilannya di Paris belum sempurna.

Namun Anggun tetap bangga karena bisa memperkenalkan budaya Jawa ke warga Prancis.

"Susaaah banget dan hasilnya belum sempurna tapi bangga sekali bisa mengenalkan budaya Jawa ke masyarakat Prancis," tulis Anggun.

Tak hanya nyinden, dalam video yang diunggah Anggun di akun Instagramnya, terdapat juga potongan momen saat ia menyanyikan lagu "Mimpi".

Anggun pun mengucapkan terima kasih pada timnya, juga pada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, sebagai otak di balik ide festival UMKM produk Tanah Air di Kota Paris.

"Untuk dek @gibran_rakabuming yang ber-ide luar biasa besar, ambisius dan sepenting ini. Sukses UMKM! Solo arum ngumandang jroning bawana," tulisnya.

Sebagai informasi, "Indonésie, de Java à Bali" adalah ajang promosi produk Tanah Air di etalase pusat Kota Paris.

Dikutip dari akun Instagram Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, @indonesiainparis, acara tersebut akan digelar selama satu bulan lebih dari 8 Juni sampai 17 Juli 2022.

"Ribuan produk tanah air dari pulau Jawa sampai ke Bali didatangkan langsung untuk mengisi gerai-gerai salah satu mal tertua di jantung kota Paris, tepatnya di depan kantor Wali Kota Paris. Produk Indonesia hasil kurasi akan dijual dan dipromosikan di @le_bhv_marais," tulis akun tersebut.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/06/10/154419266/nyinden-di-paris-anggun-sebagai-wanita-jawa-saya-terharu-dan-bangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke