Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hamish Daud Manfaatkan Nilai Ekonomi di Balik Sampah

Kepedulian suami penyanyi Raisa Andriana ini salah satunya dalam hal sampah.

Hamish berujar, sampah bisa dikelola dan dimanfaatkan. Menurut dia, sampah bisa bernilai ekonomi tinggi bila diperlakukan dengan benar sejak awal, yaitu mulai dari rumah tangga.

"Untuk inilah Octopus hadir memberikan solusi dalam mengatasi masalah sampah bekas konsumsi," ujar Hamish Daud, Jumat (24/9/2021).

Hamish yang dikenal sebagai presenter petualang alam ini mengatakan, aksi menyelamatkan lingkungan harus juga dibarengi dengan aksi sosial kemasyarakatan.

Hamish selaku Chief of Partnership Octopus menjelaskan, Octopus dirancang untuk memberi keuntungan ekonomis bagi masyarakat.

Salah satunya aplikasi ini dibentuk untuk membantu mengatasi masalah sampah yang memungkinkan pengguna atau konsumen mengirimkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang menjadi produk yang bernilai jual.

“Kami menyediakan layanan penjemputan untuk kemasan pascakonsumsi melalui aplikasi Octopus,” ujar dia.

“Mimpi kami adalah Octopus menjadi solusi paling efektif untuk Industri dalam mengatasi masalah suplai material daur ulangnya” sambung dia.

Octopus memiliki tiga mobile apps, yaitu untuk pengguna (konsumen), pelestari (kolektor sampah), dan checkpoints (usaha jual beli kemasan bekas).

Hamish menambahkan, di aplikasi Octopus juga memuat cara kelola sampah tertentu, misalnya popok bekas, kaca, dan sebagainya.

"Kita bantu konsumen untuk mengubah gaya hidupnya," ujar dia.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/09/24/185500366/hamish-daud-manfaatkan-nilai-ekonomi-di-balik-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke