Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penuh Haru dan Lika-liku, Ini 5 Film Bertema Perceraian

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski dalam pernikahan terdapat janji untuk selalu bersama hingga maut memisahkan, masih banyak pasangan yang memutuskan berpisah karena berbagai alasan.

Namun, perceraian tidak pernah mudah. Baik proses maupun akhirnya, terkadang konflik tetap mengikuti kedua pasangan tersebut dan orang-orang di sekitar mereka.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui lika-liku perceraian, berikut lima film yang dapat Anda tonton.

1. Marriage Story (2019, Netflix)

Marriage Story merupakan film drama romantis yang digarap oleh Noah Baumbach.

Kisahnya menampilkan sepasang suami-istri, Nicole (Scarlett Johanssen) dan Charlie (Adam Driver), yang sedang menjalani proses perceraian.

Sayangnya, proses tersebut ternyata begitu rumit. Tidak hanya memakan waktu, tapi proses perceraian mereka juga menguras energi dan emosi.

Namun, karena keputusan sudah bulat, Nicole dan Charlie tetap menjalani semua itu karena mereka melihat tidak ada lagi harapan dalam hubungan mereka.

2. Crazy, Stupid, Love (2011)

Crazy, Stupid, Love merupakan film komedi romantis tentang pria bernama Cal Weaver (Steven Carrel) yang hidupnya tengah dilanda masalah.

Istrinya, Emily (Julianne Moore), ternyata berselingkuh dan meminta untuk cerai sehingga membuat Cal sedih dan patah semangat.

Namun, suatu saat kehidupan Cal berubah ketika dirinya bertemu Jacob Palmer (Ryan Gosling), seorang pria berumur 30-an yang tampan dan playboy.

Setelah mereka berbincang-bincang tentang masalah Cal, Jacob pun memutuskan untuk mengajarkan Cal tentang cara mendapatkan wanita dengan mudah.

3. Wild (2014)

Wild merupakan film garapan Jean-Marc Vallee tentang kehidupan tokoh bernama Cheryl Strayed (Reese Witherspoon) yang kini berada dalam keterpurukan.

Setelah ibunya, Bobbi (Laura Dern), meninggal dunia dan pernikahannya berakhir dengan pahit, Cheryl harus hidup seorang diri.

Kondisi tersebut membuat Cheryl melampiaskan rasa amarah dan frustrasinya pada konsumsi heroin.

Namun, suatu saat Cheryl tiba-tiba memutuskan untuk meninggalkan semuanya dan pergi mendaki sejauh 1000 mil di Pacific Crest Trail.

Keputusan tak terduga ini pun membawa dirinya pada sebuah petualangan yang tidak hanya menyembuhkan luka batinnya, namun juga mengubah hidupnya.

4. Mrs. Doubtfire (1993)

Mrs. Doubtfire merupakan film komedi keluarga yang menampilkan Robin Williams sebagai Daniel Hillard, seorang suami yang baru saja melalui sebuah perceraian.

Akibat perceraiannya tersebut, ia tidak bisa bertemu dengan ketiga anaknya.

Namun, karena tekadnya yang begitu kuat untuk kembali bertemu anak-anaknya, Daniel memutuskan untuk membuat sebuah rencana.

Ia berniat berpura-pura menjadi seorang lansia bernama Mrs. Doubtfire yang melamar sebagai pengasuh anak untuk mantan istrinya, Miranda (Sally Field).

5. Kramer vs Kramer (1979)

Kramer vs Kramer merupakan film drama yang kisahnya berfokus pada perseteruan antara mantan suami-istri Ted Kramer (Dustin Hoffman) dan Joanna Kramer (Meryl Streep).

Awalnya, setelah keduanya bercerai, Ted Kramer memiliki kesempatan untuk memperbaiki hubungannya dengan putranya, Billy (Justin Henry).

Meski harus kehilangan pekerjaannya akibat perceraiannya, Ted tetap merasa senang karena ia bisa menjadi seorang ayah yang lebih baik bagi Billy.

Namun, situasi tersebut tidak bertahan lama ketika Joanna kembali dan meminta hak asuh anak diberikan kepadanya.

Alhasil, keduanya membawa permasalahan mereka ke pengadilan yang tanpa mereka sadari mulai memengaruhi semua pihak yang terlibat.

Itulah kelima film bertema perceraian yang menarik untuk Anda tonton.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/02/184100166/penuh-haru-dan-lika-liku-ini-5-film-bertema-perceraian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke