Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maudy Ayunda: Baca Surat-surat Kartini Bikin Saya Terkejut

Berbincang di Live Instagram dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021), Maudy mengatakan surat-surat yang ditulis Kartini menunjukkan gagasan yang luar biasa.

"Saya ada kesempatan juga waktu itu untuk membaca surat-surat yang ditulis beliau dan suka terkaget sendiri," kata Maudy Ayunda.

Menteri Retno Marsudi juga menyatakan kekagumannya pada gagasan tentang pendidikan atau kesetaraan gender yang dituangkan Raden Ajeng Kartini semasa hidupnya di tahun 1879 sampai 1904.

Menurut Maudy, pemikiran Kartini di masa itu luar biasa modern dan berani. Apalagi Kartini sempat hidup dengan harus dipingit.

"Untuk sekarang itu mungkin merepresentasi banyak opini yang dibagikan sama kita semua, tapi pada saat itu mungkin beliau pasti merasa sangat sendiri dalam memikirkan hal tersebut," ucap Maudy Ayunda.

Kartini menjadi inspirasi bahi Maudy Ayunda.

"Jadi, berani dalam kesendirian dan berpikir seperti itu tuh sangat inspiratif buat aku sebagai perempuan muda," kata aktris yang juga menjadi penyanyi itu.

Selain sukses di bidang seni dan hiburan, Maudy Ayunda tak melupakan pendidikan formal.

Pada 2016 Maudy Ayunda lulus S1 jurusan Politics, Philosophy, and Economics (P.P.E) dari Oxford University, Inggris.

Kini ia tengah kuliah S2 jurusan Bidang Pendidikan dan jurusan Bisnis di Stanford University, Amerika Serikat sebagai penerima beasiswa LPDP.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/04/21/173050866/maudy-ayunda-baca-surat-surat-kartini-bikin-saya-terkejut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke