BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola
Salin Artikel

Bintang Film Pulp Fiction, John Travolta, Siap Berbagi Pengalaman secara Eksklusif di Mola Living Live

KOMPAS.com – “If you’ll excuse me, I’m gonna go home and have a heart attack,” kata Vincent Vega kepada Mia Wallace dengan nada panik dan penuh ketidakpercayaan.

Bagaimana tidak, Vincent yang ditugaskan untuk menjaga dan menemani kekasih bosnya itu malah harus mengalami kejadian menegangkan. Ini lantaran Mia mengalami overdosis akibat penyalahgunaan heroin.

Kejadian absurd nan menggelitik tersebut merupakan bagian dari film Pulp Fiction yang dirilis pada 1994.

Film yang memenangkan Oscar dan Palme d'Or di Festival Film Cannes tersebut berhasil mendobrak moralitas sekaligus estetika dunia perfilman kala itu melalui konsep non-linier story telling-nya.

Tidak hanya itu, deretan pemeran yang ambil bagian di film ini pun mampu memerankan karakternya masing-masing secara ciamik.

Misalnya, tokoh Vincent Vega yang diperankan John Travolta. Pria dengan nama tengah Joseph ini mampu memerankan seorang pembunuh bayaran dengan karakter garang sekaligus lugu.

Tak terlihat seperti pembunuh pada umumnya yang dingin dan tanpa basa-basi, karakter Vincent cenderung bersahabat, santai, tapi juga mematikan.

Bahkan, kepiawaian John dalam memainkan karakter Vincent membuat Pulp Fiction mampu menonjolkan unsur dark comedy atau komedi gelap dengan kemasan unik.

Berkat aktingnya tersebut pula, ia berhasil dinominasikan kembali di ajang bergengsi Academy Awards 1994 untuk kategori Aktor Pemeran Utama Terbaik.

Film tersebut juga berhasil mengangkat kembali nama John Travolta yang sempat tenggelam di kancah Hollywood pada dekade 1980-an.

"Saya tidak pernah membayangkan bahwa satu proyek dapat memberikan saya (kesempatan) karier kedua seperti itu,” ujar John dikutip dari nzherald.co.nz, Selasa (19/1/2016).

John Travolta mengawali kariernya di dunia seni peran dengan membintangi iklan dan beberapa peran kecil di televisi.

John muda memulai debut sebagai aktor pada 1972. Saat itu, ia tampil di pertunjukan teater Off-Broadway di Rain.

Sekadar informasi, istilah Off-Broadway dulu mengacu pada jarak gedung teater dengan Jalan Broadway. Makin jauh dengan Jalan Broadway, gedung tersebut akan ditambahkan kata “off”. Kini, istilah tersebut murni digunakan untuk membedakan kapasitas gedung teater.

Untuk teater Broadway, kapasitasnya mencapai 500 tempat duduk atau lebih. Sementara, teater Off-Broadway berkapasitas 100-499 tempat duduk.

Berkat debut di pertunjukan Off-Broadway, John Travolta berhasil mendapatkan peran di teater lainnya. Kemudian, ia pun berhasil menjadi bagian dari pertunjukkan teater Broadway, Over Here!, pada 1974.

Pada medio 1970-an, nama John Travolta semakin melejit berkat perannya dalam serial TV Welcome Back, Kotter ( 1975-79), film Saturday Night Fever (1977), dan Grease (1978).

Di film Saturday Night Fever, kepiawaian akting John mulai mendapatkan perhatian kritikus maupun sineas Hollywood.

Di film itu, John berperan sebagai Anthony Manero, seorang yang tadinya biasa-biasa dan selalu bosan dengan rutinitas kemudian berhasil menjadi raja disko. Lantaran film itu, persona raja disko di tokoh yang ia perankan melekat pula di dirinya.

Lewat aktingnya di film tersebut pula, John Travolta berhasil masuk nominasi Aktor Pemeran Utama Terbaik Oscar untuk pertama kali pada 1978.

Namanya saat itu sejajar dengan aktor-aktor dunia, seperti Woody Allen, Richard Burton, Marcello Mastroinanni, dan Richard Dreyfuss, yang juga masuk nominasi.

Selain film yang telah disebutkan tadi, John Travolta juga pernah membintangi banyak film lainnya, antara lain Get Shorty (1995) dan Face/Off (1997).

Terbaru, aktor kelahiran New Jersey, Amerika Serikat (AS) itu bermain dalam film Gotti (2018) dan The Fanatic (2019).

Berbagi di Mola Living Live

Dengan segudang pengalaman dan prestasi, tak salah sosok John Travolta dijadikan sebagai living legend atau cultural icon.

Beberapa tokoh yang ia perankan pun berhasil menjadi ikon dan tren kala itu.Tokoh Tony si raja disko, misalnya, turut menyebarkan tren musik disko.

Lantaran hal itu juga, Mola TV secara eksklusif mengundang John Travolta untuk berbagi kisah dan pengalaman di acara Mola Living Live, Jumat (5/2/2021) pukul 22.00 WIB. Acara ini akan dipandu Pandu Sjahrir dan Dino Patti Djalal.

Sosok ikonik dan legendaris dari John Travolta dibenarkan Dino. Sebagai bagian dari generasi 1960-an, mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu terinspirasi oleh John Travolta, khususnya lewat film Saturday Night Live dan Grease.

Film tersebut mendorong Dino dan teman-temannya untuk pergi ke disko dan berdansa mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan oleh John Travolta.

“John Travolta memberikan inspirasi kepada saya bahwa menari atau berdansa itu keren, bahkan untuk seorang pria. Hal itu selalu saya ingat, bahkan saat saya menjadi duta besar,” ujar Dino dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Selain sebagai aktor yang andal, Dino menambahkan, John Travolta juga memiliki kisah hidup yang sangat menarik.

John pernah mengalami cobaan dan penderitaan, kehilangan orang yang dicintai, dan kemudian bisa bangkit kembali dan menjadi lebih kuat, hingga beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Ada begitu banyak yang ingin saya tanyakan pada John Travolta. Saya sangat menantikan acara ini dan akan menyapanya dengan 'Tony Monero! Ay yo doin',” tambahnya.

Sama seperti Dino, Pandu Sjahrir juga mengungkapkan ketertarikannya dalam mewawancarai John Travolta. Baginya, John Travolta merupakan legenda di dunia perfilman Hollywood.

“John Travolta memiliki track record dan perjalanan karier yang sangat panjang dari nol. Saya ingin tahu bagaimana ia bisa menjadi seperti sekarang dan berharap bisa belajar dari kisahnya,” harap Pandu.

Untuk diketahui, Mola Living Live merupakan program siaran langsung interaktif Mola TV yang menghadirkan tokoh kenamaan dunia untuk berbagi pengalaman hidup.

Lewat acara ini, penonton bisa ikut berinteraksi secara langsung dengan bintang tamu melalui fitur tanya jawab yang disediakan.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso mengatakan, John Travolta adalah salah satu living legend terhebat di Hollywood.

“Perjalanan kariernya yang luar biasa, dari muda sampai sekarang, pasti memiliki banyak cerita yang dapat dijadikan inspirasi. Dengan menyaksikan Mola Living Live, kami berharap wawasan para penonton dapat semakin terbuka dan terinspirasi dari para tokoh besar yang kami hadirkan,” kata Mirwan.

Nah, bagi yang penasaran mengenai perjalanan hidup dan karier John Travolta di dunia perfilman, jangan lupa saksikan Mola Living Live di Mola TV.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/02/04/202800966/bintang-film-pulp-fiction-john-travolta-siap-berbagi-pengalaman-secara

Bagikan artikel ini melalui
Oke