Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyanyi Jazz Annie Ross Meninggal Dunia karena Komplikasi Penyakit Jantung dan Emfisema

Mantan manajer Annie Ross, Jim Coleman mengatakan, Ross meninggal karena komplikasi emfisema dan penyakit jantung yang dideritanya.

Pelantun lagu jazz “Twisted” itu pernah tergabung sebagai trio jazz bersama Dave Lambert dan Jon Hendricks dari tahun 1957 hingga 1962. 

Selama jenjang waktu tersebut, mereka berhasil membuat banyak karya dan menghasilkan beberapa album, salah satunya adalah Sing a Song of Basie yang rilis tahun 1957.

Pada tahun 1952, Ross dan King Pleasure bekerja sama untuk album Prestige yang termasuk di dalamnya lagu "Twisted".

Di film garapan sutradara Robert Altman, Ross pernah berperan di film The Player (1992) dan muncul sebagai penyanyi jazz di Short Cuts (1993).

Film-film lain yang pernah dibintangi Ross, antara lain Yanks, Superman III, Throw Momma From the Trains, Pump Up the Volume dan Blue Sky. 

Ross juga pernah menjadi alih suara untuk menggantikan suara Britt Ekland dalam film horor berjudul The Wicker Man.

Ross pernah muncul di acara musikal di London dan Broadway pada pertengahan tahun 1950. The Threepenny Opera pada tahun 1972 dan The Pirates of Penzance pada tahun 1982.

Pemilik nama lengkap Annabelle Allan Short ini lahir pada 25 Juli 1930 di London, Inggris.

Pada usia 4 tahun, Ross memutuskan tinggal dengan bibinya yang juga seorang aktris dan penyanyi, Ella Logan di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Ross meniti karier sejak usia belia, kemudian ia kembali ke kampung halamannya di Eropa untuk memulai kariernya menjadi penyanyi, bekerja sama dengan musisi James Moody, Kenny Clarke dan Coleman Hawkins.

Pada tahun 1964, Ross membuka sebuah klub malam di London bernama Annie’s Room.

Penghargaan yang pernah ia raih salah satunya sebagai Jazz Master pada 2010 di National Endowment for the Arts.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/23/104650266/penyanyi-jazz-annie-ross-meninggal-dunia-karena-komplikasi-penyakit-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke