Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Blunt Salahkan Beban Kerja di Star Wars sebagai Penyebab Kambuhnya Kecanduan Narkoba Carrie Fisher

Kompas.com - 28/05/2024, 19:55 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Penyanyi James Blunt menyalahkan tekanan beban kerja Star Wars sebagai penyebab kambuhnya kecanduan narkoba Carrie Fisher.

Diketahui, Carrie Fisher yang berperan sebagai Princess Leia di Star Wars meninggal pada tahun 2016 setelah menderita serangan jantung dalam penerbangan dari London ke Los Angeles. Dia meninggal di usia 60 tahun.

Laporan koroner kemudian mengkonfirmasi bahwa kokain ditambah “jejak” heroin dan MDMA (juga dikenal sebagai ekstasi) telah ditemukan dalam tubuhnya.

Baca juga: Lirik Lagu Glow, Singel Baru dari James Blunt

TMZ melaporkan pada saat itu bahwa morfin, kodein, dan oksikodon juga ada.

James Blunt – yang pernah tinggal bersama Carrie Fisher di LA, dan menggambarkannya sebagai “sahabat terbaiknya” – membuka tentang hari-hari terakhir mendiang sang bintang selama penampilannya baru-baru ini di Hay Festival 2024, seperti dilansir Music News.

“Saya baru tahu bahwa sehari sebelum dia meninggal ketika dia kembali ke rumah saya, dan dia telah memperlakukan tubuhnya dengan buruk dan dia baru saja mendapatkan pekerjaan lagi sebagai Putri Leia di film-film Star Wars yang baru,” kata James Blunt.

Baca juga: Sutradara Star Wars: The Rise of Skywalker Merasa Ajaib Bisa Menampilkan Kembali Carrie Fisher

“Jadi dia benar-benar bersemangat dan positif, tapi mereka telah memberikan banyak tekanan padanya untuk menjadi kurus, dan itulah yang mereka lakukan. Jadi dia berbicara tentang kesulitan yang dihadapi perempuan dalam industri ini karena laki-laki diperbolehkan menjadi tua dan perempuan tidak,” tutur James Blunt.

James Blunt melanjutkan: “Dia harus memberikan banyak tekanan pada dirinya sendiri dan mulai menyalahgunakan narkoba lagi… Jadi pada saat dia naik pesawat, dia praktis bunuh diri. Mereka bilang itu karena gagal jantung, tapi dia sudah cukup mengonsumsi obat-obatan untuk mengadakan pesta yang meriah.”

Saat wawancara dengan NME November 2023, James Blunt mengungkapkan, kunjungan ke rumah Carrie Fisher menginspirasi lagunya berjudul “Dark Thought”.

Baca juga: Disney Rilis Trailer dan Poster Serial Star Wars: The Acolyte

Sebelum penyanyi-penulis lagu ini menjadi terkenal, Carrie Fisher menempatkannya di kompleks rumahnya di LA – tempat dia merekam lagu balada hitnya “Goodbye My Lover” di kamar mandinya.

James Blunt menjelaskan, lagu “Dark Thought” menggambarkan momen dia kembali ke rumah itu setelah Carrie Fisher meninggal.

“Pasti sudah tujuh tahun sejak dia meninggal, saya tidak sepenuhnya yakin, tapi saya menghabiskan banyak waktu untuk menulis lagu untuknya,” kata James Blunt kepada NME.

Baca juga: Trailer dan Poster Teaser Star Wars: The Bad Batch Dirilis

“Sebagai seorang penulis lagu, lagu yang paling jujur biasanya adalah yang paling mudah untuk ditulis karena mengalir begitu saja dari diri Anda. Tapi saya sudah terlalu memikirkan lagu ini selama bertahun-tahun karena dia adalah manusia yang luar biasa,” imbuh James Blunt.

James Blunt menambahkan: “Jadi apa yang saya lakukan dengan lagu itu adalah saya menggambarkan saat saya kembali mencarinya setelah kematiannya. Aku kembali ke rumahnya sambil lalu, berkendara ke gerbangnya, dan meletakkan tanganku di atasnya hanya untuk merasakan sedikit keberadaannya di sana. Dan saya menulis lagu tentang momen itu.”

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com