Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perjalanan Betharia Sonata Berdamai dengan Willy Dozan Setelah 14 Tahun

Penyanyi 57 tahun itu kini merasa lebih tenang setelah mengakhiri konflik yang berlangsung selama 14 tahun setelah perceraian mereka terjadi tahun 2002.

Bagaimana kisahnya, berikut rangkuman Kompas.com.

Belajar ikhlas

Perlu waktu bagi Betharia untuk menyadari kalau balik rasa terluka dan kecewa yang dia simpan cukup lama, bagaimanapun juga hubungannya dengan Willy Dozan dulu dimulai atas dasar cinta.

"Saya belajar ikhlas lama," kata Betharia Sonata.

Betharia harus membuang semua ego untuk bisa memaafkan Willy Dozan.

"Bagaimanapun saya pernah cinta, saya tidak mau membawa dendam, benci, sakit hati untuk diri saya," ujar Betharia Sonata.

Sampai akhirnya, dia berada pada satu titik di mana hidayah membawanya untuk ikhlas memaafkan mantan suami yang sudah menyakiti hatinya.

"Saya ikhlas karena saya ingin membersihkan diri, enggak ada dendam, benci, pokoknya enggak ada sakit hati terhadap mantan saya," ucapnya.

Dendam hanya menutupi kebahagiaan

Betharia memang butuh waktu lama untuk bisa belajar tentang ikhlas sampai akhirnya dia mendapat hidayah untuk memaafkan mantan suaminya.

Awal dari sikap penyanyi berusia 57 tahun itu untuk meminta maaf adalah karena timbulnya kesadaran bahwa dia sudah terlalu lama menyimpan rasa dendam.

"Karena yang menutupi kehidupan saya adalah rasa dendam, sakit hati, menyakiti walaupun saya sendiri yang sakit hati, tapi itu yang Allah tidak suka, jadi saya belajar ikhlas, saya dapat hidayah," kata Betharia.

Menangis setelah ucapkan maaf

Menguatkan hati untuk mendatangi Willy Dozan dan meminta maaf, Betharia menangis, begitupun dengan Willy Dozan.

"Saya cuma bilang 'maafin aku, aku ninggalin kamu,' saya jujur ya ninggalin, (Willy) 'ya sudah saya maafin kamu sejak dulu,' nangis dua-duanya," ucap Betharia.

Sejak saat itu, Betharia mengaku hatinya merasa lebih tenang, dan dia sekarang berhubungan baik dengan Willy Dozan ataupun keluarga barunya.

Berniat menikah lagi

Telah berdamai dengan masa lalunya, Betharia berharap bisa diberi kesempatan untuk kembali merajut kebahagiaan.

"Pokoknya yang penting punya niat, buka hati, pengin coba satu kali lagi," kata Betharia.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/03/073034666/perjalanan-betharia-sonata-berdamai-dengan-willy-dozan-setelah-14-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke