Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hiroaki Kato Rilis Singel Nada Sousou, Kolaborasi dengan Istrinya

Singel tersebut berjudul "Nada Sousou" yang merupakan lagu asal Jepang yang mereka gubah ke dalam bahasa Indonesia. Lagu "Nada Sousou" merupakan lagu tradisional dari Okinawa yang cukup populer di Jepang.

Menurut Arina, lagu ini bercerita tentang seseorang yang kehilangan kakaknya dan amat merasa sedih.

"'Nada Sousou' itu artinya adalah air mata yang mengalir tanpa sadar. Ketika merindukan seseorang yang sudah tiada, tiba-tiba air mata turun tanpa disadari gitu," ucap Arina dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).

Arina mengatakan, ia dan Hiroaki sepakat untuk menunjuk komposer Ari Reynaldi untuk mengaransemen ulang tersebut. Sebelumnya, lagu ini juga sudah didaur ulang beberapa kali oleh banyak penyanyi lain.

"Aransemen dibikin sama Ari Reynaldi. Memang kan albumnya Hiroaki digarap oleh dia, dulu juga Ari kerjain Mocca, sekarang saja sudah bantuin banyak artis, Raisa, Tulus, dan lain-lain," ucap Arina.

"Ini memang lagu yang diterjemahkan langsung dari versi aslinya. Kan 'Nada Sousou' ini banyak versi ya, ada yang klasiknya ada yang sudah J-Pop (Japan Pop) gitu," sambungnya.

Sementara, Hiroaki merasa senang dan bangga bisa membawa lagu tradisional dari negara asalnya ke dalam bahasa Indonesia.

Hiroaki merasa ini sebagai salah satu bentuk pertukaran budaya yang positif. Hiroaki sendiri tak butuh waktu lama untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

"Sebulan lah kalau mulai dari memutuskan untuk men-translate 'Nada Sousou' dan saya harus cerita dulu lagu ini tentang apa," ucap Hiroaki.

"Kalau cuma translate-nya saja sih paling dua hari. Jadi persiapannya yang lama, cerita tentang tema dan siapa pencipta lagu ini, gitu," sambungnya.

Selain itu, singel "Nada Sousou" menjadi singel kolaborasi pertama Arina dan Hiroaki yang digarap dengan serius sejak mereka pacaran hingga menikah.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/11/28/104912866/hiroaki-kato-rilis-singel-nada-sousou-kolaborasi-dengan-istrinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke