Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar agar Aman Dikonsumsi

Kompas.com - 21/03/2024, 16:37 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi merupakan langkah penting untuk mencegah kontaminasi serta memastikan buah dan sayuran aman. .

Menurut Natalie Sexton, Wakil Kepala Pemasaran Natalie's Orchid Island Juice Co di Fort Pierce, Florida, Amerika Serikat, semua buah dan sayuran harus dicuci sebelum dikonsumsi, kecuali produk beku atau kemasan dengan label yang jelas menyatakan bahwa produk tersebut sudah dicuci sebelumnya dan siap dikonsumsi.

Sexton menambahkan, meski Anda tidak berencana memakan kulit atau bagian luar buah, penting  mencucinya sebelum memotongnya. Hal ini karena kotoran di bagian luar buah bisa berpindah dan mengontaminasi bagian dalam setelah Anda memotongnya.

Mengapa harus mencuci buah dan sayur? 

Ilustrasi mencuci buah.PEXELS/ANY LANE Ilustrasi mencuci buah.
Buah dan sayur tidak hanya membawa kotoran, selama fase pertumbuhan buah dan sayur dapat terkontaminasi hewan, zat berbahaya di dalam tanah, dan praktik kebersihan pekerja yang buruk.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak mencuci buah dan sayur sebelum mengonsumsinya dapat membawa berbagai bakteri, seperti Salmonella, E-coli, dan Listeria.

Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, terutama mengancam orang dewasa berusia lebih 65 tahun, anak-anak di bawah usia lima tahun, dan siapa saja yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Untungnya, mencuci buah dan sayur mudah dilakukan dengan langkah tepat.

Dilansir dari Shoutern Living, Kamis, (21/3/2024), berikut cara mencuci buah dan sayuran yang tepat. 

Cara mencuci buah dan sayur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com