Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Panas, Chihuahua hingga Greyhound

Kompas.com - 29/05/2023, 11:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang mudah beradaptasi. Namun, iklim tempat tinggal Anda dapat secara signifikan memengaruhi kenyamanan anjing setiap hari.

Ras anjing terbaik untuk cuaca panas memiliki jenis bulu yang tepat atau tanpa bulu sama sekali. Selain itu, mereka memiliki struktur tubuh yang lebih cocok untuk suhu panas.

Meskipun beberapa ras anjing lebih toleran terhadap cuaca panas daripada yang lain, semua anjing memerlukan tindakan pencegahan keamanan dasar pada hari yang panas untuk menghindari sengatan panas.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Mirip Husky, Bertubuh Besar dan Menggemaskan

Ilustrasi ras anjing Xoloitzcuintli. SHUTTERSTOCK/TATYANAPANOVA Ilustrasi ras anjing Xoloitzcuintli.

Jangan pernah meninggalkan anjing di dalam mobil yang panas, selalu pastikan anjing memiliki akses ke air bersih, dan jangan tinggalkan anjing di luar untuk waktu yang lama tanpa pengawasan.

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (29/5/2023), bentuk tubuh anjing dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang seberapa baik ia dapat mengatasi panas. Yang paling jelas adalah bulunya.

Anjing yang paling baik dalam cuaca panas memiliki bulu pendek, tidak berbulu, atau bulu yang sangat tipis. Bulu mereka biasanya warnanya lebih terang, seperti putih, cokelat, atau abu-abu.

Anjing dengan hidung panjang umumnya lebih cocok untuk suhu yang lebih panas. Moncongnya yang panjang memproses udara hangat, mendinginkannya saat dihirup.

Baca juga: 7 Ras Anjing Berbulu Biru yang Langka dan Mencuri Perhatian

Selain itu, anjing dengan telinga besar dan tegak cenderung menjadi lebih cepat dingin daripada anjing dengan telinga terkulai yang memerangkap udara hangat.

Berikut ini beberapa ras anjing yang tahan cuaca panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com