Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Populer Asal Amerika Serikat, Penampilannya Unik

Kompas.com - 05/03/2023, 11:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat adalah salah satu "rumah" bagi banyak ras kucing populer di dunia. Negeri Paman Sam melahirkan banyak ras kucing yang unik dan cantik.

Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (5/3/2023), beberapa ras kucing yang dikembangkan di A.S. merupakan hasil mutasi genetik spontan sementara yang lain dibiakkan untuk tujuan tertentu, seperti mencapai jenis bulu, penampilan, atau kepribadian tertentu.

Beberapa ras kucing asal Amerika Serikat berkerabat dekat, sementara yang lain lebih berbeda. Mereka sangat beragam dalam penampilan dan perilaku.

Baca juga: Plus Minus Memelihara Kucing British Shorthair, Apa Saja?

Ilustrasi ras kucing American Shorthair.SHUTTERSTOCK/OLEKSANDR VOLCHANSKYI Ilustrasi ras kucing American Shorthair.

Berikut beberapa ras kucing asal Amerika Serikat yang populer.

1. American Shorthair

Kucing American Shorthair memiliki silsilah yang membentang kembali ke sejarah awal Amerika Derikat. Klaim ketenaran kucing ini adalah pelayarannya di kapal Mayflower.

Diyakini para penumpang di kapal tersebut membawa kucing dari Eropa untuk mengendalikan tikus dalam pelayarannya ke benua Amerika.

Setelah menetap di tanah air baru mereka, nenek moyang awal dari kucing ini terus mencari kucing dan akhirnya dikenal sebagai kucing American Shorthair. Ras kucing ini menerima pengakuan resmi pada tahun 1966.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kucing British Shorthair, Ras Kuno dan Hampir Punah

2. American Curl

Kucing ini memiliki mutasi genetik alami yang menghasilkan bentuk telinga yang aneh. Mutasi ini pertama kali ditemukan pada kucing pada awal 1980-an, dan upaya segera dilakukan untuk membiakkan sifat tersebut secara selektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com