Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Dalam Ruangan yang Menyukai Sinar Matahari Langsung

Kompas.com - 21/01/2023, 14:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar matahari adalah nutrisi penting bagi tanaman untuk tumbuh subur dan sehat.

Sinar matahari juga berfungsi membantu proses fotosentesis pada tanaman. Sinar matahari membantu menyediakan energi matahari untuk diubah menjadi energi kimia dengan bantuan klorofil.  

Baca juga: Hati-hati, 8 Tanaman Hias Ini Beracun untuk Kucing

Tanaman menggunakan energi sinar matahari untuk gula dan nutrisi lainnya sehingga dapat terus hidup dan berkembang. 

Banyak tanaman hias yang berasal dari daerah tropis dengan pepohonan sebagai kanopi secara konstan menyaring sinar matahari.

Namun, beberapa tanaman, terutama yang berasal dari Afrika Selatan dan Australia, membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur di dalam ruangan.

Anda bisa mengubah ruangan yang cerah dan terang dengan menambahkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung, sinar matahari yang disaring, atau cahaya yang sangat terang saat merawatnya di dalam ruangan. 

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (21/1/2023), berikut beberapa tanaman dalam ruangan yang menyukai sinar matahari langsung. 

Baca juga: 6 Tanaman Dalam Ruangan yang Minim Perawatan

Lidah buaya (Aloe barbadensis)

Ilustrasi tanaman lidah buaya. PEXELS/BT3GL Ilustrasi tanaman lidah buaya.
Lidah buaya menjadi tanaman hias yang tidak memerlukan banyak perawatan. Gel lidah buaya dapat meredakan luka ringan dan luka bakar.

Tanaman hias ini mudah diperbanyak dengan merepotkan anakan (juga dikenal sebagai offset). Tanamlah lidah buaya dalam pot terakota yang tebal untukmendukung pertumbuhan bagian atas dan mendorong sirkulasi udara. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi

Tanaman giok (Crassula argentea)

Dengan batangnya yang kokoh dan daun yang menarik dan berdaging, tanaman giok merupakan tanaman hias populer bagi mereka yang memiliki ambang jendela yang cerah. 

Tanaman giok juga menjadi tanaman dalam ruangan yang menyukai sinar matahari langsung. Tanaman ini membutuhkan setidaknya empat jam sinar matahari setiap hari, jadi jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal.

Meski adalah tanaman sukulen dan tahan terhadap kekeringan, tanaman giok bukan kaktus. Jaga kelembapan tanaman giok dengan menyiramnya saat permukaan tanah kering untuk mencegah kerontokan daun.

Tanaman giok dapat hidup selama beberapa dekade dan terus tumbuh perlahan seiring waktu, jadi jaga agar tanaman tetap berada di dalam pot yang cukup berat agar tidak terguling. 

Baca juga: 10 Manfaat Garam untuk Tanaman dan Cara Pengaplikasiannya

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/ADAM YEE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.
Tanaman hias populer yang "tidak mungkin dibunuh" ini dibawa di sebagian besar pusat taman sebagai spesimen ideal bagi mereka yang baru mengenal tanaman hias atau mereka yang terlalu sibuk untuk merawat tanaman.

Lidah mertua sangat bagus dalam cahaya terang, tetapi juga dapat tumbuh dalam kondisi teduh. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com