Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna Cat dan Wallpaper yang Bakal Populer pada 2023

Kompas.com - 04/01/2023, 18:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna menjadi elemen dekorasi yang paling mempengaruhi nuansa dalam mendesain rumah sehingga perlu dipertimbangkan sebaik mungkin.

Sama dengan tren dekorasi, skema warna juga memiliki tren yang bakal populer dan menjadi solusi pilihan banyak orang setiap tahunnya. 

Baca juga: 6 Renovasi Dapur yang Dapat Menjual Rumah Lebih Cepat

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (4/1/2023), Fixr.com baru-baru ini berbicara dengan 52 pakar desain interior untuk memberikan gambaran kepada pemilik rumah tentang tren cat dan wallpaper yang bakal populer pada tahun ini.

Ini tidak hanya mencakup hal-hal seperti tren warna pada tahun sebelumnya, tetapi juga apa yang dilihat dan dialami pakar industri dalam pekerjaan mereka setiap hari, termasuk palet, pilihan warna individu, tren wallpaper, bagaimana orang memasukkan warna baru ke rumah mereka, dan warna apa yang terbaik untuk dijual kembali.

Berikut tren warna cat yang diprediksi bakal populer pada 2023 menurut ahli. 

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Kamar Mandi, Apa Saja?

Netral dengan semburat tebal

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi ruang keluarga.
Menurut 58 persen ahli, warna netral dengan semburat tebal akan menjadi palet warna favorit tahun ini. Dalam beberapa tahun terakhir, warna netral yang hangat dan nada bersahaja adalah pilihan paling populer. 

“Bagi siapa pun yang selalu ingin nada sedikit lebih kaya, tetapi ragu melakukannya, palet netral dengan semburat warna berani adalah solusi tepat,” tulis Fixr. 

Wallpaper berpola botani 

Sebanyaka 96 persen ahli mengatakan bahwa wallpaper akan tetap populer pada 2023. Wallpaper tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dalam pertumbuhannya dan sepertinya tidak akan ketinggalan zaman atau membuat rumah terlihat kuno dalam waktu dekat.

Dari berbagai pola yang tersedia, dari retro hingga art deco, sebanyak 52 persen responden percaya bahwa wallpaper berpola botani adalah pilihan utama. 

Baca juga: 7 Tren Warna Dinding Dapur 2023, Hitam hingga Kuning

Hal ini tidak mengherankan jika orang-orang ingin memperkenalkan lebih banyak aktivitas luar ruangan ke dalam ruangan saat melakukan pekerjaan jarak jauh di rumah. 

Powder room atau tempat merias atau toilet kering merupakan area yang paling banyak dipasang wallpaper. 

Sekitar 84 persen ahli sepakat bahwa ruang ini paling banyak digunakan tamu sehingga layak dipasang wallpaper. 

Ruangan lain adalah kamar tidur (47 persen), ruang makan (44 persen), plafon (26 persen), dan pintu masuk (23 persen).  

Baca juga: 10 Warna Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Nyenyak

Netral hangat dapat membantu menjual rumah 

Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu minimalis dengan warna cat dinding pink atau merah muda. SHUTTERSTOCK/LILASGH Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu minimalis dengan warna cat dinding pink atau merah muda.
Sekitar 82 persen ahli mengatakan bahwa pembeli lebih menyukai rumah yang memiliki warna netral hangat, terlihat segar, ramah, dan aman.

Fixr memperingatkan menambahkan aksen tebal bisa berisiko (meskipun itu adalah palet paling popule 2023), karena tidak semua orang memiliki selera yang sama dengan warna yang kuat.

Sedangkan, untuk warna eksterior, 74 persen ahli merekomendasikan putih sebagai pilihan penjual yang sederhana, tapi enguntungkan, diikuti nada kayu alami (42 persen), tan (39 persen), cream (37 persen), dan abu-abu (23 persen).

Lapisan cat putih yang segar dapat membuat rumah terlihat bersih dan segar. Selain itu, memungkinkan Anda menggunakan banyak warna berbeda untuk daun jendela, trim, dan pintu depan sehingga dapat menonjolkan dan memamerkan fitur terbaik dari rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com