Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengaplikasikan Warna Hitam ke Ruangan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 02/01/2023, 17:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, hitam mewakili kekuatan, keagungan, misteri, otoritas, keanggunan, dan hadir dengan energi positif murni.

Hitam adalah ketiadaan warna dan cahaya. Pada tingkat psikologis, hitam memiliki konotasi positif dan negatif, bahkan dapat menimbulkan rasa takut. 

Baca juga: 7 Tren Warna Dinding Dapur 2023, Hitam hingga Kuning

Namun, dalam hal mendekorasi ruangan, hitam menghadirkan kesan mewah, berkelas, dan bergaya ke dalam ruangan.

Akan tetapi, kekurangannya adalah hitam dapat menyerap semua energi yang melewati jalurnya. Karena itu, sebalum menggunakan hitam, Anda perlu menemukan keseimbangan tepat agar tidak menghabiskan kekuatan vital di ruangan. Mengingat, kekuatan luar biasa yang dimiliki warna tersebut.

Dilansir dari Architectural Digest, Senin (2/1/2023), berikut beberapa cara aman mengaplikasikan hitam di ruangan.  

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Warna Hitam di Ruangan Menurut Feng Shui

Menambahkan secara bertahap

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa hitam.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa hitam.
Mengingat warnanya sangat kuat, praktisi feng shui merekomendasikan  menambahkan hitam ke ruangan secara bertahap.

Mulailah dengan beberapa perabot kecil atau benda dekoratif seperti meja kopi, beberapa kursi, bantal, jam, atau bingkai foto.

Jika ingin menggunakan cat hitam, mulailah dari hal kecil seperti aksen dinding atau cukup cat beberapa garis atau kolom hitam sebagai aksen dekoratif.

Ini akan memungkinkan Anda mulai memasukkan hitam ke rumah tanpa mengganggu energi yang ada serta mempersiapkan rumah untuk pengenalan lebih hitam dari waktu ke waktu.

Pakar feng shui juga menyarankan setiap ruangan harus memiliki sentuhan hitam, tetapi harus benar-benar hitam murni mengingat getaran energinya yang tinggi. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mengecat Dinding dengan Warna Hitam

Aplikasikan secara berpasangan

Karena asosiasi antara hitam dan kekayaan, prinsip-prinsip feng shui menyarankan  memasukkan warna pada benda-benda yang dipasangkan seperti sepasang kolom, kursi, atau bantal. 

Jika ingin fokus menarik kekayaan, Anda bisa mulai memasukkan warna di ruang kerja, area yang terkait dengan uang menurut feng shui. 

Hadirkan dalam objek kecil 

Jika masih ragu dengan ide penambahan warna hitam, prinsip feng shui menyarankan  memulai secara bertahap dengan objek kecil. Paling penting adalah warna hadir dalam beberapa cara, bahkan kecil.

Karpet dan benda-benda dekoratif seperti cangkir hitam, barang pecah belah, dan perkakas adalah tempat untuk memulai ketika harus menambahkan hitam ke rumah kita.

Pendekatan lainnya adalah mengecat kusen pintu dan jendela dengan warna hitam. Hal ini dapat menghadirkan keanggunan hitam ke dalam rumah, melindungi energinya, dan membantu mengumpulkan kelimpahan. Ini juga menjadi cara ideal untuk memperkenalkan warna ke dalam ruangan. 

Baca juga: Ide Desain Rumah Minimalis dengan Warna Hitam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com