Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Membuat Dapur Terlihat Murah dan Kurang Menarik

Kompas.com - 29/11/2022, 19:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruangan paling sibuk di rumah dan ruang kerja sehingga penting menggunakan elemen praktis dan tahan lama. 

Namun, memprioritaskan fungsionalitas sering kali terasa bertentangan dengan desain yang ditampilkan. Karena itu, sebagai tempat berkumpul keluarga dan tamu, dapur harus terlihat bagus. 

Baca juga: 11 Tips Feng Shui Dapur untuk Datangkan Kekayaan dan Kemakmuran

Dengan mengetahui apa saja yang membuat dapur terlihat murah, bisa menjadi salah satu langkah menampilkan ruangan tampak lebih menarik dan elegan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (29/11/2022), berikut beberapa kesalahan yang membuat dapur terlihat murah dan kurang menarik. 

Peralatan yang tidak sesuai

Ilustrasi peralatan dapur.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi peralatan dapur.
Dapur adalah tempat bagi lebih banyak peralatan daripada ruang lainnya. Namun, desainer JR Coffin dari Studio Den Den di Brooklyn memperingatkan bahwa terlalu banyak bahan dan warna dapat membuat dapur terlihat lebih berantakan serta murah.

"Kita tidak selalu membutuhkan semuanya dari baja tahan karat, tetapi peralatan harus cocok satu sama lain atau lingkungan di sekitar mereka," katanya. 

Misalnya, pilih mesin pencuci piring berwarna gelap jika memiliki ide lemari dapur dasar berwarna gelap atau kulkas berpanel kayu dengan lemari kayu untuk keseluruhan estetika yang lebih ramping.

Baca juga: 3 Warna Dapur yang Bakal Ketinggalan Zaman pada 2023 

Backsplash rendah

Backsplash yang rendah akan menurunkan keseluruhan dan tampilan desain dapur. Sebaliknya, menggunakan backsplash yang lebih tinggi dapat memberikan kesan mewah pada dapur. 

Meja laminasi 

Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur, ilustrasi kitchen island.SHUTTERSTOCK / Malysheva Liudmyla Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur, ilustrasi kitchen island.
Mengenai ide countertop, Carla Bast dari Desain Carla Bast mengatakan countertops laminasi dapat memiliki dampak kurang diinginkan pada dapur.  

"Ini tidak memiliki keindahan alam atau kedalaman batu asli atau permukaan padat seperti kuarsa yang diproduksi," imbuhnya. 

Baca juga: Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas dan Rapi 

Selain itu, countertops laminasi terdengar murahan karena mengeluarkan suara hampa saat meletakkan barang di atasnya.

Countertop laminasi juga cenderung membuat dapur terlihat lebih kecil karena permukaannya yang mengkilap dan menghasilkan suara bernada tinggi saat diketuk.

Lampu neon

Menguasai ide pencahayaan yang paling bagus dapat membuat atau menghancurkan ruangan mana pun, tetapi tidak sebanyak dapur.

Memasang lampu neon besar pada plafon dapur bisa dibilang pilihan terburuk yang dilakukan pada ruang memasak atau kerja ini.  

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Dapur Warna Gelap, Bakal Jadi Tren pada 2023 

Jika ingin dapur terlihat lebih elegan, pasang pencahayaan tersembunyi dan tambahkan pencahayaan dekoratif seperti lampu gantung pada kitchen island dan wastafel dapur. 

Lampu ini akan memancarkan cahaya lebih lembut serta membuat dapur terlihat lebih mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com