Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Pemilik Kucing

Kompas.com - 21/11/2022, 21:19 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara dan merawat kucing merupakan hal positif yang memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Namun, saat memelihara kucing di rumah, tidak sedikit pemilik kucing melakukan berbagai kesalahan yang tidak boleh dilakukan pada kucing peliharaannya.

Oleh karena itu, ketahui apa saja kesalahan yang harus dihindari oleh pemilik kucing dalam merawat kucingnya supaya terhindar dari dampak buruk yang tak diinginkan.

Baca juga: Penyebab Kucing Menggigil Setelah Mandi

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (21/11/2022), berikut ini adalah 10 kesalahan yang tidak boleh dilakukan oleh pemilik kucing.

Untuk membuat kucing tenang dan tidur, jangan pernah memberikan obat-obatan penenang manusia. Efeknya justru bisa sebaliknya, membuat kucing gelisah.UNSPLASH/FERNANDO LAVIN Untuk membuat kucing tenang dan tidur, jangan pernah memberikan obat-obatan penenang manusia. Efeknya justru bisa sebaliknya, membuat kucing gelisah.
Menghilangkan cakar kucing luar ruangan

Karena bahaya seperti hewan dan mobil lain, kucing luar ruangan sering hidup kurang dari lima tahun, dibandingkan dengan kucing dalam ruangan yang hidup mendekati 18 atau 20 tahun.

"Bantu kucing luar ruanganmu melindungi dirinya sendiri dengan menjaga cakarnya tetap utuh, kata Ashley Rossman, DVM, dokter hewan di Glen Oak Dog & Cat Hospital.

Rossman mengatakan kalau kucing membutuhkan senjata andalannya, yaitu cakarnya.

Jika hewan peliharaanmu akhirnya berkelahi dengan hewan lain, ia bisa terluka parah jika tidak memiliki cara untuk mencakar.

Baca juga: Apakah Kucing Peliharaan Mengira Pemiliknya Sebagai Induknya?

Meninggalkan makanannya

Meninggalkan semangkuk makanan kering (dry food) sepanjang hari dapat membuat kucing peliharaan kelebihan berat badan karena mereka tergoda untuk makan berlebihan (apalagi jika merek makanan keringnya tinggi karbohidrat).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com