Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Umur Simpan Cat Berdasarkan Jenisnya

Kompas.com - 30/10/2022, 09:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat campuran sangat bagus untuk diaplikasikan di sekitar rumah, dari dinding, trim, plafon, pintu, lemari, dan permukaan lainnya.

Penggunaan cat dapat membuat rumah terlihat segar, menarik, dan berkilau. Namun, setelah selesai mengecat, terkadang cat yang digunakan masih tersisa dan masih bisa disimpak untuk penggunaan berikutnya. 

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui

Namun, berapa lama cat bertahan lama dan apakah masih bisa menggunakannya? Selain itu, apakah ada tanda-tanda bahwa cat sudah rusak? Apakah ada cara menyegarkan cat lama?

Saat menyimpan sisa cat, kondisi penyimpanan adalah faktor kunci yang dapat mengubah umur simpan cat. 

Misalnya, cat lateks dalam kondisi asli murni, masih disegel dari toko cat, dan tidak pernah digunakan dapat bertahan hingga satu dekade.

Baca juga: Cara Membuat Lapisan Cat Dinding Eksterior Tahan Lama

Cat bekas dari jenis cat yang sama, tertutup rapat, dan terdapat kotoran, mungkin hanya bertahan beberapa bulan.

Penguapan adalah prosesmenua cat lateks berbasis air. Jadi, dengan menambahkan air ke cat lateks yang lebih tua, Anda dapat meningkatkan umurnya.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (30/10/2022), berikut umur simpan cat berdasarkan jenisnya.  

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Menenangkan dan Membuat Ruangan Terasa Luas

Cat lateks atau akrilik-lateks

Ilustrasi cat dindingFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi cat dinding
Perkiraan produsen cat tentang umur simpan cat biasanya berada di sisi konservatif. PPG, produsen PPG Paints dan Glidden Paints, memperkirakan bahwa kaleng cat lateks yang belum dibuka dapat bertahan selama dua tahun.

Untuk beberapa catnya, Sherwin-Williams memperkirakan umur simpan adalah satu tahun. Merek cat Behr mencatat umur simpan cat lateks interiornya adalah per tahun.

Namun, konsensus di antara ahli cat dan perbaikan rumah adalah bahwa cat lateks yang telah diawetkan dengan baik memiliki umur simpan hingga 10 tahun. 

Baca juga: Pilihan Warna Cat Plafon untuk Setiap Ruangan di Rumah 

Cat berbasis minyak

Karena cat berbasis minyak mengandung begitu banyak pelarut, cat cenderung bertahan lebih lama daripada cat lateks berbasis air.

Cat berbasis minyak tidak mengandung air yang dapat menguap keluar dari kaleng. Jadi, cat berbahan dasar minyak dapat bertahan hingga 15 tahun, bahkan lebih jika disimpan baik.  

Baca juga: Ragam Warna Cat yang Dapat Memberikan Motivasi pada Ruangan 

Chalk paint

Perkiraan resmi umur panjang cat dari produsen Annie Sloan adalah satu tahun meski perusahaan mencatat bahwa itu berpotensi bertahan selama beberapa tahun.

Chalk paint akan mengembangkan konsistensi lebih tebal secara keseluruhan. Cat yang lama dan sudah mengental bisa dihidupkan kembali dengan menambahkan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com