Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seputar Pertumbuhan Jamur di Rumah dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 27/09/2022, 10:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertumbuhan jamur di rumah cukup mengganggu lantaran memengaruhi tampilan hunian, juga kesehatan lingkungan rumah.

Lebih lanjut, jamur bisa tumbuh di mana saja, misalnya saja dinding dan plafon. Namun, apa itu jamur dan mengapa mereka bisa tumbuh di dalam rumah? Apakah ada cara mencegah jamur di rumah?

Baca juga: Catat, Ini 4 Tips Mencegah Jamur Hitam Muncul di Rumah

Apa itu jamur yang tumbuh di rumah?

Disadur dari situs resmi University of Minnesota Extension, Selasa (27/9/2022), jamur adalah mikroorganisme yang bisa ditemukan di mana saja.

Ilustrasi noda hitam atau jamur hitam pada nat keramik kamar mandi.SHUTTERSTOCK/VICHIE81 Ilustrasi noda hitam atau jamur hitam pada nat keramik kamar mandi.

Mereka bisa tumbuh di hampir semua hal yang cukup lembap. Di dalam rumah, jamur tumbuh dengan cepat pada permukaan lembap seperti dinding kamar mandi atau trim di sekitar jendela.

Tampilan jamur di dalam rumah mungkin terlihat seperti jamur berbulu, noda hitam, atau bintik-bintik hitam, putih, oranye, hijau, atau coklat.

Cara jamur tumbuh di dalam rumah

Semakin banyak orang yang tinggal di sebuah rumah, semakin besar kemungkinan jamur akan tumbuh di dalamnya. Sebab, manusia melepaskan banyak uap air di udara saat bernapas.

Kegiatan lain yang memengaruhi pertumbuhan jamur adalah saat seseorang mandi menggunakan air panas untuk waktu yang lama, memasak dengan panci terbuka, menjemur di dalam ruangan, atau menggunakan humidifier.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Lemari Pakaian

Bahkan, menyimpan kayu bakar basah, menyiram banyak tanaman, menyimpan banyak sayuran seperti kentang dan labu juga dapat membuat masalah jamur lebih mungkin terjadi.

Pengaruh jamur terhadap tubuh manusia

Saat pertumbuhan jamur mulai muncul, mereka dapat mengirim potongan-potongan jamur yang tidak terlihat ke udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com