Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini Cara Menambah Berat Badan Burung Peliharaan

Kompas.com - 26/08/2022, 15:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung peliharaan yang kurus tentu terlihat tidak menarik, bahkan sering kali dikira terkena penyakit. 

Namun, tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu burung peliharaan menambah berat badan. 

Baca juga: 6 Tanaman Beracun untuk Burung Peliharaan

Akan tetapi, hal pertama yang harus dilakukan jika mencurigai penurunan berat badan pada burung peliharaan adalah menjadwalkan janji bertemua dengan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lengkap sesegera mungkin.

Pasalnya, dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (26/8/2022), sejumlah masalah kesehatan serius dapat menjadi penyebab penurunan berat badan burung peliharaan.

Untuk menjaga kesehatan burung peliharaan, penurunan berat badan yang nyata harus diselidiki secara menyeluruh oleh dokter hewan berlisensi guna menyingkirkan penyakit yang mungkin dialami sahabat bulu. 

Baca juga: Jangan Takut, 5 Jenis Burung Ini Sering Berkicau pada Malam Hari

Identifikasi penyebab penurunan berat badan burung peliharaan 

Ilustrasi burung Cockatiel.PIXABAY/825545-825545 Ilustrasi burung Cockatiel.
Dokter hewan akan mengidentifikasi penyebab penurunan berat badan burung dan merekomendasikan tindakan untuk mengembalikan berat badan yang ideal.

Namun, jika tidak ada masalah atau penyakit yang ditemukan pada burung peliharaan, artinya Anda perlu melakukan perubahan atau menambah pola makan burung. 

Memperkenalkan beberapa makanan favorit burung dalam jumlah yang lebih besar dapat merangsang nafsu makan burung peliharaan. 

Baca juga: 7 Jenis Burung Pemangsa yang Memukau, Ada Elang dan Burung Hantu

Cara menambah berat badan burung peliharaan

Salah satu makanan yang telah terbukti mengandung banyak kalori dan lemak adalah kacang tanah. Untungnya, sebagian besar burung sangat menyukainya.

Menambah jumlah kacang dalam makanan burung peliharaan dapat meningkatkan asupan lemak dan membantu mempertahankan beberapa kalori lebih banyak, yang akhirnya dapat menambah berat badan. Namun, berhati-hati untuk tidak memberikan secara berlebihan.

Burung terkenal pilih-pilih makanan dan banyak yang tercatat memilih mangkuk berisi makanan favorit mereka, bahkan ketika disajikan dengan beragam variasi. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Hantu Putih yang Indah dan Tidak Seram

Ilustrasi burung lovebirds.PIXABAY/shawshank66 Ilustrasi burung lovebirds.
Hal ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan merupakan salah satu alasan mengapa diet pelet banyak direkomendasikan selain buah-buahan dan sayuran

Selain itu, cara menambah berat badan burung peliharaan adalah menawarkan beberapa biji bunga matahari sebagai bagian dari makan malamnya atau camilan sepanjang hari.

Biji bunga matahari tinggi lemak dan merupakan makanan favorit banyak jenis burung sehingga Anda tidak kesulitan memaksa burung untuk melahapnya.

Cara lain, menggunakan semprotan millet. Ini merupakan makanan burung berkalori tinggi yang dapat membantu menambah berat badan burung. 

Baca juga: 5 Burung Berwarna Merah yang Dapat Dipelihara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com