Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman yang Dibenci Kecoa karena Aromanya, Mentimun hingga Catnip

Kompas.com - 25/08/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak atau kecoa adalah hama yang sering mengganggu di rumah. Cara membasmi kecoa yang paling mudah tentu saja dengan menggunakan bahan kimia, namun kandungannya bisa berbahaya untuk kesehatan.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan beberapa tanaman yang bisa mengusir kecoa secara alami. Tanaman-tanaman pengusir kecoa ini memiliki aroma khas yang tidak disukai serangga tersebut

Anda dapat menempatkan tanaman-tanaman ini di halaman rumah maupun di dalam ruangan untuk menjaga rumah bebas dari kecoa.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Semprotan Pembasmi Kecoak

Berikut beberapa tanaman yang dibenci kecoa karena aromanya.

Ilustrasi tanaman catnip. Selain disukai kucing, catnip juga bisa mengusir hama kutu daun. SHUTTERSTOCK/ILIA BAKSHEEV Ilustrasi tanaman catnip. Selain disukai kucing, catnip juga bisa mengusir hama kutu daun.

1. Catnip

Dikutip dari Hunker, Kamis (25/8/2022), pada akhir 1990-an, para peneliti di Iowa State University menyatakan bahwa bau catnip 100 kali lebih efektif dalam mengusir kecoa dibandingkan DEET, bahan kimia aktif dalam pengusir serangga.

Manfaat utama catnip sebagai penolak kecoa adalah Anda dapat menggunakannya dalam bentuk segar atau kering, atau Anda dapat menyeduh catnip kering dan menyemprotkannya di area yang terlihat kecoa.

2. Daun salam

Daun salam digunakan untuk membumbui hidangan dan memiliki bau yang ringan bagi manusia tetapi tidak disukai kecoa. Daun salam berguna untuk mencegah kecoa di sekitar area rumah, seperti alas tiang, retakan di dinding, dan di bawah peralatan.

Giling daun salam menggunakan ulekan atau penumbuk, atau giling menjadi bubuk halus menggunakan penggiling kopi.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengusir Kecoak di Area Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com