Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Hunian

Kompas.com - 03/08/2022, 20:18 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan lokasi tempat tinggal kerap menjadi hambatan banyak orang dalam memilih hunian atau properti.

Jika hal ini juga kamu rasakan, setidaknya ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih hunian, yakni akses transportasi publik dan fasilitas umum.

Sebab, kedua hal itu akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi waktu dan pengeluaran sehari-hari, terlebih pada saat tingginya inflasi seperti sekarang ini.

Baca juga: 10 Trik Mudah Membuat Hunian Terasa Nyaman seperti Hotel

Ilustrasi hunian dekat akses transportasiIstimewa Ilustrasi hunian dekat akses transportasi
“Kaum urban yang bekerja di Jakarta dapat menghabiskan 30 persen dari pendapatan mereka untuk transportasi, terutama kendaraan pribadi," ungkap Arum Prasasti, General Manager Bintaro Jaya High Rise dalam Siaran Persnya, Rabu (3/8/2022).

Arum menambahkan bahwa selain harga bensin yang tak menentu, biaya jalan tol, parkir, pemeliharaan kendaraan, bahkan depresiasi nilai kendaraan menjadi biaya yang tidak sedikit harus ditanggung.

Akan tetapi, jika mereka tinggal di kawasan yang nyaman dan mudah menjangkau transportasi publik, fasilitas pendidikan, kesehatan, maupun kebutuhan sehari-hari, biaya-biaya perjalanan tersebut dapat dikurangi sangat signifikan.

"Mereka dapat memanfaatkan penghematan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti menyekolahkan anak di sekolah yang lebih baik, menggunakan fasilitas kesehatan yang lebih berkualitas, dan mengonsumsi nutrisi yang lebih bergizi untuk keluarga," tambah Arum.

Semua pemikiran inilah yang mendasari PT. Jaya Real Properti, Tbk., untuk mewujudkan sebuah kawasan mixed-use yang terintegrasi dengan transportasi publik dan memiliki fasilitas lengkap yang akan meningkatkan kualitas hidup penghuninya, serta meningkatkan nilai strategis kawasan dengan pembangunan yang terus-menerus ke depannya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Cat Dinding untuk Hunian Minimalis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com