Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Sayuran di Polybag

Kompas.com - 14/06/2022, 07:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menanam sayuran di pekarangan rumah, Anda dapat menggunakan polybag. Menanam sayuran di polybag cukup mudah dilakukan dan perawatannya pun tidak sulit.

Selain itu, menanam sayuran di polybag cocok bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas. Selain itu, polybag dapat dipindah-pindah dengan leluasa.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (14/6/2022), dalam budidaya sayuran, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah media tanamnya. Media tanam sangat mempengaruhi bagus atau tidaknya perkembangan tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Obat di Polybag

Ilustrasi menanam sayuran, Ilustrasi menanam selada. Shutterstock/SUPERMAO Ilustrasi menanam sayuran, Ilustrasi menanam selada.

Apabila media tanamnya cocok dan bagus akan sangat memungkinkan tanaman tumbuh subur. Untuk tanaman sayuran, terlebih sayuran daun, biasanya membutuhkan media tanam yang gembur dan mudah ditembus akar.

Berikut cara menanam sayuran di polybag yang dapat dilakukan di pekarangan rumah, balkon, maupun di dalam ruangan.

1. Menyiapkan media tanam

Media tanam menjadi salah satu faktor dalam pertumbuhan tanaman dan memengaruhi hasil produksi.

Fungsi media tanam adalah untuk menopang tanaman, sebagai tempat akar tanaman berkembang dan tumbuh serta menyediakan nutrisi untuk tanaman.

Baca juga: Tertarik Budidaya Daun Bawang di Polybag? Begini Caranya

Cara menyiapkan media tanam adalah siapkan tanah yang gembur dan sumbur, lalu ayak menjadi butiran halus. Usahakan tanah yang digunakan sudah kering agar mudah dalam pencampuran sehingga dapat merata.

Campurkan tanah halus, pupuk kompos, dan arang sekam hingga merata dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Siapkan polybag, lalu masukkan media tanam yang sudah dicampur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com