Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Mengabaikan Pemiliknya

Kompas.com - 12/05/2022, 21:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber PetMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan anjing yang membutuhkan perhatian dan interaksi sosial, kucing jauh lebih mandiri dan senang menyendiri.

Namun, ketika membutuhkan interaksi sosial, kucing akan mencarinya dengan caranya sendiri tanpa meminta perhatian. Tak heran, beberapa kucing sering kali mengabaikan pemiliknya.

Dilansir dari Pet WebMD, Kamis (12/5/2022), ada banyak hal yang membuat kucing peliharaan mengabaikan pemiliknya seperti berikut. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kucing Ragdoll, dari Suka Dimanja hingga Hidup Lama 

Kucing menginginkan waktu sendiri

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/MirasWonderland Ilustrasi kucing Ragdoll.
Alasan paling sederhana dan umum kucing mengabaikan pemiliknya adalah merasa sedang tidak mood. Alasan lain, faktor usia. 

Misalnya, kucing yang bertambah tua kemungkinan tidak bisa mendengar atau melihat dengan baik seperti dulu. Akibatnya, kucing kerap mengabaikan pemiliknya. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Tidur di Kotak Pasirnya

Kucing merasa ketakutan

Banyak kucing memilih mengabaikan sesuatu yang dianggapnya sebagai ancaman atau yang membuatnya stres.

Jika Anda pernah menghukum atau memukul kucing peliharaan pada masa lalu, bahkan meneriakinya, hal itu membuat kucing melihatnya sebagai ancaman potensial.

Kucing peliharaan tidak tahu niat Anda baik atau buruk sehingga memilih untuk mengabaikannya, bahkan sering melarikan diri jika Anda terus meminta perhatian mereka. 

Baca juga: Tips dan Trik Merawat Kesehatan Anak Kucing

Jika kucing peliharaan melarikan diri, bersembunyi, dan mencoba menghindari Anda, mundurlah dan beri ruang baginya untuk beberapa waktu. Setelah itu, cobalah mulai mendekatinya secara perlahan dan memberikan  beberapa belaian atau camilan.

Perlu diketahui, kucing memiliki ingatan yang panjang sehingga hal-hal buruk yang dialaminya seperti semprotan botol air dapat diingatnya sela berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan ke depan.

Untuk itu, Anda tidak boleh mendisiplinkan kucing dengan hukuman, termasuk menyemprot dengan air atau meneriakinya. 

Baca juga: Kucing Sering Menggigit Dagu? Ini yang Harus Dilakukan 

Kucing sedang tidak enak badan

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Fazymazy Ilustrasi kucing Ragdoll.
Bukan hal yang aneh bagi kucing untuk menjadi lebih tertutup dan mengabaikan pemiliknya saat merasa tidak enak badan, terutama muncul penyakit. Bahkan seiring bertambahnya usia, kucing dapat mengembangkan bentuk disfungsi kognitif yang mirip dengan penyakit Alzheimer pada manusia.

Kucing akan sering menarik diri ketika penyakit berkembang. Karena itu, bila mendapati kucing berperilaku tertutup, segera membawang ke dokter hewan. Semakin cepat menemukan masalah, semakin baik mengatasinya. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mencegah Kucing Tidur di Pot Tanaman 

Kesal terhadap sesuatu

Kucing tampak seperti mandiri, tapi kenyataannya, kebanyakan kucing memiliki emosi yang halus. Perlakuan buruk sekecil apa pun seperti Anda sedang mengelus kucing lain dapat membuat kucing terganggu atau marah, yang akhirnya membuat kucing mengabaikan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com