Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Oli pada Pakaian, Pakai Tepung Maizena

Kompas.com - 05/05/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda oli kadang-kadang mengotori pakaian, khususnya bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor. Namun, jangan khawatir, noda oli pada pakaian bisa dibersihkan dengan cara yang cukup mudah.

Dilansir Hunker, Kamis (5/5/2022), Anda dapat membersihkan noda oli pada pakaian dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah, misalnya tepung maizena dan sampo rambut.

Berikut cara menghilangkan noda oli pada pakaian agar tidak membekas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Urine pada Dudukan Kloset

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Pertama, masukkan pakaian ke bathtub, wastafel, atau ember langsung di bawah keran dan nyalakan air panas. Biarkan pakaian terendam di air panas yang mengalir setidaknya selama 5 menit sebelum memeriksa kemajuannya.

Jika noda masih terlihat, biarkan pakaian di sana sampai hilang dan cuci seperti biasa.

Taburkan tepung maizena di seluruh area noda pada pakaian dan biarkan semalaman. Di pagi hari, tepung maizena akan menyerap minyak dari pakaian dan siap untuk disikat.

Gunakan sabun cuci piring anti minyak dan kain bersih untuk menggosok area tersebut dengan lembut dari sisa noda dan cuci pakaian seperti biasa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Pakaian

Semprotkan area yang terkena dengan pelumas WD-40 dan gosok perlahan ke noda dengan sikat gigi bekas. Ini akan membantu menghilangkan noda.

Biarkan noda meresap setidaknya selama 5 menit sebelum menggosok kembali area tersebut. Tutupi area tersebut dengan sabun cuci piring yang menghilangkan lemak dan gosok dengan sikat gigi sekali lagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com