Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2022, 18:09 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun kecil, kehadiran semut dirumah seringkali sangat mengganggu. Apalagi jika semut sudah membuat sarang di dalam rumah dan mulai mengkontaminasi makanan.

Beberapa jenis semut bahkan dapat menggigit dan meninggalkan rasa gatal di kulit. Jika di rumahmu ada cukup banyak semut, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut untuk mengusirnya.

Melansir dari Healthline, Jumat (25/2/2022), berikut ini adalah 7 cara praktis dan aman untuk mengusir semut dari rumah.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pembasmi Semut Alami Pakai Essential Oil

Lada hitam atau merah giling

Ladah hitam atau lada merah (cayenne) mengeluarkan aroma yang tidak disukai semut. Cukup taburkan lada hitam atau merah bubuk di area yang sering didatangi semut seperti tiang rumah dan furnitur. Ini merupakan salah satu cara teraman untuk mengusir semut.

Baca juga: Buat Tanaman Bebas Semut dengan Ragam Pestisida Sederhana ini

Peppermint

Peppermint merupakan bahan alami yang ampuh mengusir serangga seperti nyamuk dan semut. Untuk menggunakan minyak esensial peppermint sebagai pembasmi semut, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 gelas air dalam botol semprot plastik bersih.
  • Semprotkan di area yang sering di datangi semut, biarkan campuran mengering dan aplikasikan kembali sesuai kebutuhan.
  • Hindari menyemprotkan peppermint di area yang dekat dengan hewan peliharaan karena dapat menyebabkan keracunan.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut di Rumah

Cuka putih

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

Coba gunakan campuran cuka dan air 1 banding 1 untuk membersihkan permukaan yang keras, termasuk lantai dan meja yang sering dilewati semut.

Jika kamu melihat semut, semprotkan campuran tersebut pada semut lalu bersihkan dengan tisu kertas. Semut dapat mencium bau cuka setelah mengering, tetapi baunya tidak tahan lama.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Tepung jagung

Ada dua cara berbeda dalam menggunakan tepung jagung atau maizena untuk membunuh semut:

  • Tuang tepung maizena ke seluruh kelompok semut lalu tambahkan air di atasnya. Cara ini dapat membunuh semut secara instan.
  • Tutupi semut dengan tepung jagung kemudian sedot dengan menggunakan penyedot debu, pastikan untuk langsung membersihkan kantong penyedot debu di luar ruangan.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Semut Kayu Muncul di Rumah

Minyak nimba

Minyak nimba adalah insektisida alami yang diekstraksi dari pohon nimba, asli India. Minyak nimba biasa digunakan untuk menyingkirkan hama di tanaman seperti kutu daun dan semut. Kamu bisa mendapatkan campuran minyak nimba di pasaran dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com