Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Canin Bantu Pengamanan Anjing Liar di Sirkuit MotoGP Mandalika

Kompas.com - 21/03/2022, 16:48 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 resmi digelar pada Minggu (20/3/2022) di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pagelaran acara olahraga internasional yang berlangsung di sirkuit seluas 1.043 hektare ini berhasil menyedot perhatian dunia.

Baca juga: 14 Alasan Kamu Harus Memelihara Anjing German Shepherd

Kendati demikian, ada satu masalah di sirkuit tersebut, yakni keberadaan anjing liar yang jumlahnya terbilang banyak.

Berdasarkan keterangan pers dari Royal Canin, Senin (21/3/2022), situasi ini telah ditangani oleh berbagai pihak seperti Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Kementerian Pertanian.

Para pihak ini melakukan berbagai upaya dalam mengumpulkan dan mengamankan anjing liar yang sebelumnya berkeliaran di komplek sirkuit. 

Kegiatan ini dilakukan pihak setempat seperti Dinas Kabupaten Lombok Tengah yang bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). 

Baca juga: Studi Ungkap 10 Menit Bermain dengan Anjing Bisa Kurangi Rasa Sakit

Bantuan asupan khusus anjing

PT Royal Canin Indonesia mendukung pengamanan anjing liar di Sirkuit Mandalika dengan memberikan asupan khusus anjing sebanyak 628 kilogram (kg).dok. PT Royal Canin Indonesia PT Royal Canin Indonesia mendukung pengamanan anjing liar di Sirkuit Mandalika dengan memberikan asupan khusus anjing sebanyak 628 kilogram (kg).

Terkait dengan kegiatan pengamanan anjing liar di sirkuit Mandalika, PT Royal Canin Indonesia turut mendukungnya melalui pemberian bantuan berupa asupan khusus anjing sebanyak 628 kilogram (kg).

“Kami selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pengamanan hewan seperti anjing liar di Sirkuit Mandalika yang memang sesuai dengan kompetensi utama kami,” jelas SEA Regulatory Affairs Lead di Royal Canin Indonesia, Novi Wulandari.

Baca juga: Mengenal Cakar Dewclaw dan Manfaatnya bagi Anjing

Novi mengatakan, anjing liar yang diamankan tersebut dikirm ke penampungan khusus agar tidak lagi berkeliaran selama ajang balapan internasional tersebut berlangsung.

"Setidaknya, sebanyak 200-250 ekor anjing liar berada di tempat penampungan dengan penanganan yang baik." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com