Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara agar Pakaian Tidak Kusut Usai Dikeringkan dengan Mesin Cuci

Kompas.com - 12/02/2022, 13:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak dipungkiri, beberapa pengering membuat pakaian kusut, berkerut bahkan tak jarang menyusut. Ini adalah masalah umum, tetapi dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana.

Biasanya, hal tersebut menimpa pada pakaian renang, bra, kain sutera, pakaian dengan manik-manik, bahan kulit sintesis, dan celana jeans ketat.

Tapi, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Melansir dari In The Wash pada Sabtu (12/02/2022) berikut cara mencegah baju kusut dan keriput saat dikeringkan dengan mesin pengering.

Baca juga: 5 Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

Penyebab baju kusut dan keriput usai dikeringkan

Pakaian cenderung kusut di pengering karena Anda mencampurkan pakaian berat, ringan, halus, dan kasar secara bersamaan sehingga itulah penyebab mesin pengering mengeluarkan pakaian yang kusut seperti tidak distrika.

Juga, jika Anda telah mencuci pakaian Anda dengan air yang terlalu panas, Anda mungkin menemukan bahwa inilah alasan mengapa mereka keluar dari pengering dengan bentuk yang kurang sempurna.

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Suka Duduk di Tumpukan Pakaian Kotor, Normalkah?

Bagaimana mencegah baju kusut dan keriput usai dikeringkan?

Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci.

1. Masukkan lebih sedikit pakaian ke dalam pengering

Saat mengeringkan pakaian, , pakaian Anda harus bisa bergerak agar udara panas bisa masuk ke dalamnya.

Jika Anda memiliki mesin cuci/pengering, Anda mungkin hanya perlu mencuci lebih sedikit pakaian setiap kali sehingga memiliki cukup ruang untuk bergerak.

Jika Anda memiliki mesin cuci dan pengering terpisah, keringkan pakaian yang benar-benar perlu dikeringkan dan menggantung pakaian yang tidak terlalu penting di bawah sinar matahari secara alami.

Baca juga: 4 Langkah Sederhana Mengatur dan Menjaga Lemari Pakaian Tetap Rapi

2. Tambahkan pelembut kain saat mencuci pakaian

Pelembut kain tidak hanya membuat pakaian Anda harum dan terasa lebih lembut, tetapi juga membantu mengurangi kerutan. Tambahkan beberapa pelembut setiap kali mengeringkan pakaian untuk melihat perbedeannya.

Beberapa deterjen dilengkapi dengan pelembut, sehingga Anda tak perlu kerepotan hendak mengeringkan pakaian dengan menambahkan pelembut lagi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak yang Menempel pada Pakaian

3. Singkirkan lipatan dari pakaian

Pakaian cenderung kusut saat dicuci maupun ketika dikeringkan dengan mesin cuci. Nah, agar tak semakin kusut, usai dicuci maka gorangkan sedikit agar lipatan dan kerutannya terlepas.

Pegang atasan Anda dari bahu dan goyangkan sampai terlihat sedikit lebih halus. Pegang rok, celana pendek, dan celana panjang Anda dari atas, dan goyangkan juga.

Baca juga: Bebas Bahan Kimia, Ini 4 Bahan Alami untuk Memutihkan Pakaian

4. Lipat pakaian Anda segera

Segera setelah pakaian Anda selesai dikeringkan, segera lipat karena ini dapat membantu mencegah kerutan dan lipatan kembali.

Blus, kemeja, jaket, mantel, dan beberapa atasan perlu digantung di gantungan baju. Tarik item pakaian ini secara lurus sehingga kerutan dapat dihilangkan.

Jika mereka menjadi sedikit terlalu kering, semprotkan sedikit air dingin karena ini akan membuat seratnya sedikit lebih longgar. Setelah pakaian Anda dilipat, simpanlah sesegera mungkin agar tidak mudah kusut lagi.

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Lemari Pakaian yang Fungsional dan Tertata

5. Fitur 'permanent press'

Sebagian mesin cuci memiliki fitur permanent press yang memungkinkan pakaian Anda dikeringkans ecara lembut sehingga serat-seratnya tetap lembut, longgar, dan bentuk aslinya dari pakaian pun dapat dipertahankan.

Cara ini efektif membuat pakaian tidak mudah kusut. Jika pakaian Anda masih sedikit kusut, Anda mungkin harus menyetrikanya, namun, jika Anda menggunakan teknik yang disebutkan di atas, pakaian Anda cenderung tidak kusut, yang berarti pakaian tersebut akan siap dipakai segera setelah Anda membutuhkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com