Kompas.com - 24/01/2022, 21:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Suhu panas dianggap mampu membasmi bakteri dan kotoran dari berbagai permukaan benda dan kain apa pun.

Mulai dari, lantai yang kotor, peralatan makan yang baru saja dipakai, hingga mencuci pakaian. Tak heran, beberapa orang memilih memanaskan spons cuci piring menggunakan microwave untuk membunuh seluruh bakteri yang menempel. 

Namun, apakah cara ini efektif? 

Baca juga: Spons Cuci Piring Bermanfaat untuk Tanaman Hias? Ini Penjelasannya

Hasil penelitian yang kontradiktif

Ilustrasi spons cuci piring. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi spons cuci piring.

Melansir dari Mind Body Green, Senin (24/1/2022), hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa memanaskan spons di microwave bermanfaat.

Melalui sebuah studi Microbiome Analysis and Confocal Microscopy of Used Kitchen Sponges Reveal Massive Colonization by Acinetobacter, Moraxella, and Chryseobacterium Species, para peneliti menemukan bahwa menggunakan microwave untuk memanaskan spons cuci piring—bersamaan dengan merebusnya—dapat mengurangi jumlah bakteri secara signifikan.

Baca juga: Spons Cuci Piring Lebih Kotor dari Dudukan Kloset? Ini Faktanya

Penelitian yang dipublikasi pada 19 Juli 2017 ini ditulis oleh Massimiliano Cardinale, Dominik Kaiser, Tillmann Lueders, Sylvia Schnell, dan Markus Egert.

Kendati demikian, penemuan ini bukan berarti kamu harus melakukannya. Sebab, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa hasilnya kontradiktif.

“Contohnya, keefektifan terlihat di laboratorium, tetapi tidak pada spons dapur yang sudah dipakai. Tidak ada metode yang tampaknya mampu mencapai pengurangan bakteri umum lebih dari sekitar 60 persen," tulis penelitian tersebut. 

Para peneliti mencatat, hal ini tidak ideal. Mereka menghipotesiskan, bakteri yang bertahan dari proses sanitasi dapat dengan cepat berkoloni kembali yang dapat meningkatkan lebih banyak bakteri berbahaya pada spons. 

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Spons Cuci Piring? Ini Penjelasannya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.