Kompas.com - 24/01/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki ruangan serbaguna di rumah menawarkan beragam manfaat. Kamu dapat melakukan apa pun di sana tanpa beranjak ke ruangan lain.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ruangan serbaguna dapat membuat bingung perihal cara mendekorasi dan merapikannya. Sebab, masing-masing fungsi dalam ruangan tersebut mungkin membutuhkan tata letak yang saling bertabrakan.

Untuk memudahkannya, berikut cara mendekorasi dan merapikan ruangan serbaguna yang dilansir Decortips, Senin (24/1/2022).

Baca juga: 7 Ide Mengubah Garasi yang Tidak Terpakai Menjadi Ruang Multifungsi

Batasi fungsi penggunaan

Ilustrasi ruangan, ilustrasi ruang serbaguna, ilustrasi ruang multifungsi.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi ruangan, ilustrasi ruang serbaguna, ilustrasi ruang multifungsi.

Pertama, tentukan kegunaan apa saja yang perlu dihadirkan dalam ruangan. Apakah sebagai kamar, tempat bermain games, menonton televisi, atau belajar alat musik?

Bisa juga ruangan digunakan sebagai tempat menyetrika pakaian, menyimpan selimut, merajut, bahkan memanggang kue?

Baca juga: 6 Ide Membuat Ruang Makan Multifungsi

Menentukan kegunaan ruangan serbaguna dapat membantu kamu memanfaatkan ruang yang tersedia. Setelah itu, tentukan sisi-sisi untuk setiap aktivias.

Untuk kegiatan menjahit, misalnya, kamu dapat meletakkan meja jahit di depan jendela. Sementara sudut ruangan untuk menaruh tempat penyimpanan selimut, dan tempat menyetrika atau mencuci pakaian di sisi lain. 

Baca juga: 5 Inspirasi Atap Rumah Datar untuk Hunian yang Multifungsi dan Estetik

Jangan batasi dekorasi

Kamu mungkin akan membatasi dekorasi pada ruangan serbaguna, tergantung dari kegunaan ruangan tersebut. Padahal, mendekorasi ruangan tersebut sangatlah penting.

Jika menggunakan ruangan sebagai tempat penyimpanan dan beberapa kegiatan tertentu, cat dinding ruangan dengan warna netral dan tambahkan furnitur sederhana.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber decor tips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.