Kompas.com - 26/10/2021, 21:26 WIB
Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding biru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding bukan hanya untuk estetika. Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin merasakan di ruangan, termasuk kamar tidur.

Meskipun kamar tidur dapat menjadi ruangan untuk menunjukkan kepribadian Anda, namun warna cat dinding di dalamnya juga harus fungsional. Terutama jika tujuan Anda adalah menciptakan tempat perlindungan untuk istirahat dan relaksasi.

Sue Peacock, seorang psikolog di Inggris yang berspesialisasi dalam tidur, mengatakan bagaimana tampilan ruangan dapat secara langsung memengaruhi perasaan Anda. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Nuansa Warna Abu-abu

"Warna dapat memengaruhi Anda secara psikologis, termasuk kemampuan Anda untuk tidur," kata Peacock seperti dikutip dari Apartment Therapy, Selasa (26/10/2021).

ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy ilustrasi kamar tidur

"Beberapa warna dapat membangkitkan relaksasi, sementara yang lain merangsang pikiran Anda dan membuat Anda lebih terjaga," ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara warna-warna tertentu mungkin selaras dengan prinsip-prinsip psikologis untuk mendorong istirahat, tidak semua orang mengalami warna dengan cara yang sama.

Tamra Fuscaldo, direktur desain interior di M+A Architects, mengatakan bahwa individu yang memiliki keragaman saraf dapat memproses warna yang lebih keras dengan lebih intens, dengan cara yang merangsang sistem saraf otonom.

Baca juga: 5 Tips Menata Kamar Tidur yang Estetik ala Desainer Interior

Tubuh dan pikiran Anda unik, dan tujuannya adalah untuk memilih warna yang terasa menenangkan bagi Anda secara individual.

"Sangat penting untuk memikirkan kamar tidur sebagai 'ruang perlindungan', di mana kita merasa aman dan terlindungi," ungkap Fuscaldo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.